Taman Nasional Bunaken Tetap Dibuka Saat Libur Nataru dengan Protokol Kesehatan Ketat

Selasa, 22 Desember 2020 - 21:24 WIB
loading...
Taman Nasional Bunaken Tetap Dibuka Saat Libur Nataru dengan Protokol Kesehatan Ketat
Taman Nasional Bunaken, tetap dibuka saat libur Natal dan Tahun Baru, dengan protokol kesehatan. Foto/Okezone/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Menjelang libur dan cuti bersama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, diprediksi akan meningkatkan jumlah kunjungan ke kawasan Taman Nasional (TN) Bunaken, walaupun kondisi cuaca akhir tahun secara umum terdapat perubahan dari angin dan gelombang laut.

(Baca juga: Tangis Haru Pecah Saat Risma Ucapkan Perpisahan Kepada Warga Surabaya )

Kepala Balai TNB Genman S. Hasibuan mengatakan, bahwa sejak reaktivasi pembukaan wisata jumlah kunjungan terus mengalami peningkatan, sejauh ini per tanggal 22 Desember 2020, jumlah pengunjung mencapai 6.440 orang yang didominasi oleh wisatawan nusantara.

Untuk itu, dalam rapat bersama jajaran petugas lapangan, Koordinator Resort, Polhut, PEH dan seluruh pegawai Balai Taman Nasional Bunaken, Kepala Balai menyampaikan agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan di pintu-pintu masuk kunjungan, utamanya di pintu masuk Liang Pulau Bunaken, alat pedeteksi suhu, tempat cuci tangan bagi pengunjung serta pelayanan tiket masuk untuk wisatawan tetap menjaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.



"Selain itu mengingat di akhir tahun perubahan cuaca, gelombang dan angin dalam kawasan akan meningkatkan volume sampah di beberapa titik destinasi utama wisata seperti Pantai Liang. Untuk mengantisipasi hal tersebut akan dilaksanakan pembersihan secara rutin disetiap pagi oleh petugas dibantu masyarakat," ujarnya, Selasa (22/12/2020).

(Baca juga: Natal di Tengah Pandemi COVID-19, Lansia di Panti Wredha Menerima Berkah )

Balai TN Bunaken menurutnya akan menempatkan petugas lapangan dengan penjadwalan piket dalam kegiatan pelayanan pengunjung dan bersih sampah di titik destinasi wisata. Semua jajaran diperintahkan untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat lainnya yang terkait termasuk masyarakat ditingkat lapangan dalam kegiatan pelayanan pengunjung dan antisipasi meningkatnya volume sampah.

"Seluruh petugas wajib mematuhi protokol dan kesehatan, serta telah dilakukan pemeriksaan Rapid Antigen sebelum melaksanakan tugas lapangan," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8111 seconds (0.1#10.140)