Tugu Keserasian Sosial Sebagai Pengingat Cegah Konflik di Masyarakat

Minggu, 20 Desember 2020 - 09:45 WIB
loading...
Tugu Keserasian Sosial Sebagai Pengingat Cegah Konflik di Masyarakat
Forum Keserasian Sosial Lingkar Utama melaksanakan dialog tematik sekaligus meresmikan tugu keserasian sosial Lingkar Utama di Kelurahan Biring Romang Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sabtu (19/12/2020). Foto: Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Forum Keserasian Sosial Lingkar Utama melaksanakan dialog tematik sekaligus meresmikan tugu keserasian sosial 'Lingkar Utama' di Kelurahan Biring Romang Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sabtu (19/12/2020).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Staf Kementerian Sosial , Kepala Dinas Sosial Kota Makassar , Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Manggala, Lurah Biring Romang serta sejumlah tamu undangan.

Ketua Forum Keserasian Sosial Lingkar Utama, Moh Ervinlaha dalam laporannya, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial dan Dinas Sosial atas bantuan pembangunan jalan di wilayahnya dan terpilihnya Kelurahan Biring Romang sebagai lokasi pembangunan Tugu Keserasian Sosial .

“Saya berharap dengan adanya tugu dan forum keserasian sosial didaerah kita ini bisa menjadi wadah dan solusi dalam meredam serta meminimalisir konflik yang terjadi di masyarakat,” ungkap Ervinlaha.

Sofiawati yang mewakili Camat Manggala menyampaikan syukur dan berterima kasih kepada Kementerian Sosial RI atas kucuran dana bantuan untuk keserasian sosial. Ia juga berharap, dengan adanya program ini, masyarakat dapat tetap bergotong royong untuk mencegah konflik sosial.

”Semoga ini bisa menjadi pengingat agar seluruh masyarakat selalu menjaga keserasian sosial, menjaga keamanan dan ketertiban di Kelurahan Biring Romang,” ucap Sofiawati.



Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Makassar , Mukhtar Tahir menyampaikan, kegiatan forum keserasian sosial ini merupakan program dari Kementerian Sosial dengan tujuan untuk mewujudkan Keserasian Sosial di masyarakat. Tugu Keserasian Sosial ini merupakan tonggak untuk meningkatkan kerukunan dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

“Kita patut bersyukur, Kementerian Sosial memilih Kelurahan Biring Romang sebagai salah satu wilayah yang dibangun Tugu Keserasian Sosial , karena di Kota Makassar hanya ada dua kelurahan yang terpilih dibangun Tugu Keserasian Sosial . Salah satunya di Kelurahan Biring Romang ini. Monumen keserasian sosial ini sebagai pertanda bahwa kelurahan Biring Romang sudah mendapatkan penyuluhan terkait pencegahan konflik sosial di masyarakat,” ungkap Mukhtar Tahir.

Selain itu, ia juga mengungkapkan tugu ini juga menjadi pengingat untuk selalu menjaga keserasian sosial di masyarakat, mencegah konflik sosial, selalu menjaga keamanan, ketertiban, gotong royong serta saling membantu antar sesama apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

“Saya berharap di masa pandemi dan musim hujan ini kita bisa saling membantu antar sesama. Dinas Sosial Makassar juga bersiap guna membantu masyarakat yang terkena dampak banjir, atau bencana alam lainnya,” tutup Mukhtar Tahir.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)