Pesan Sang Kakak Sebelum Meninggal, Minta Mahfud MD Rangkul Ulama

Jum'at, 18 Desember 2020 - 21:15 WIB
loading...
Pesan Sang Kakak Sebelum Meninggal, Minta Mahfud MD Rangkul Ulama
Keluarga besar Menkopolhukam Mahfud MD saat foto bersama. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Kakak tertua Menkopolhukam, Mahfud MD , Daifah semasa hidup berpesan kepada Mahfud MD agar merangkul ulama. Daifah meninggal dunia saat salat Dhuha di Bandung , Jawa Barat, Jumat (18/12/2020).

Anak bungsu dari almarhumah Daifah, Hairul Anas Suaidi menuturkan, umur ibunya dan Mahfud MD terpaut sekitar 8 tahun. Dahulu, saat Mahfud kecil selalu ikut dengan ibunya. Dari tinggal hingga belajar mengaji. Sekolahnya juga dididik ibu. Tradisi itu bahkan terjadi hingga ke anak cucunya.

(Baca juga: Sedang Salat Dhuha, Kakak Tertua Mahfud MD Berpulang)

"Jadi ibu itu orang kampung yang hanya tahu agama. Jadi itu yang dia ajarkan ke pak Mahfud MD hingga ke anak cucunya," jelasnya.

(Baca juga: Kakak Pertama Mahfud MD yang Meninggal Saat Salat Dhuha akan Dimakamkan di Madura)

Dia mengakui, karena kesibukan, ibunya jarang komunikasi dengan Mahfud MD. Apalagi setelah mencuat kasus Habib Rizieq Shihab, kata dia, ibunya selalu menanyakan kabar sang adik.

"Kalau komunikasi memang jarang, tapi selalu bertanya terus ke saya kabar pak Mahfud MD. Termasuk tentang kasus polemik HRS, ibu rutin bertanya terus perkembangannya lewat saya," ujarnya.

Pada bebagai kesempatan, ibunya juga selalu menitip pesan kepada Mahfud MD. Pesannya, agar Mahfud MD merangkul ulama. Pesan itu tidak disampaikan langsung, tetapi lewat Hairul, yang juga keponakan Mahfud MD.

"Ibu katakan, tolong Mahfud, itu ulama dirangkul. Jangan dihukum," kata Hairul menirukan pesan sang ibu kepada Mahfud MD.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)