Sebulan Disiplin Isolasi Diri, Nenek 113 Tahun Sembuh dari Corona

Rabu, 13 Mei 2020 - 15:40 WIB
loading...
Sebulan Disiplin Isolasi Diri, Nenek 113 Tahun Sembuh dari Corona
Maria Branyas. Foto/ist
A A A
MADRID - Maria Branyas, nenek berusia 113 tahun di Spanyol dinyatakan sembuh total setelah hampir dua bulan “berperang” melawan virus Corona (COVID-19) dalam tubuhnya.

Perjuangan Branyas tidaklah mudah. Sejak terpapar Corona pada awal April, penghuni panti jompo Santa Maria del Tura di Olot ini dengan sabar mengisolasi diri selama berminggu-minggu di kamarnya. Kini, Branyas merasa baik-baik saja dan menyatakan sudah bosan diisolasi.

Putri Branyas, Rosa, mengatakan kepada wartawan bahwa ibunya telah membuat "pemulihan luar biasa" dan kondisi saat ini bugar. Menurutnya, sang Ibu ingin berbicara setelah berminggu-minggu terisolasi di panti jompo.

"Dia merasa baik sekarang, dia mengambil tes minggu lalu dan hasilnya negatif," kata seorang juru bicara panti jompo tempat Maria Branyas diisolasi kepada AFP, yang dilansir Rabu (13/5/2020).

(Baca: Bermutasi Menjadi 40 Varian, Virus Corona Lebih Menular)

Maria Branyas diyakini sebagai orang tertua yang hidup di Spanyol. Dia lahir di San Francisco pada tahun 1907 dari pasangan orangtua Spanyol.

Dia kemudian pindah bersama keluarganya ke Spanyol selama Perang Dunia I. Dia selamat dari pandemi Flu Spanyol tahun 1918 dan Perang Saudara Spanyol.

(Baca: Kapal Induk Nuklir AS Disergap Virus Corona, 100 Personel Terinfeksi COVID-19)

Dia dilaporkan memiliki tiga anak, 11 cucu dan 13 cicit. Orang-orang lanjut usia selama ini dianggap sangat rentan terhadap virus corona baru. Setidaknya beberapa warga telah meninggal di panti jompo tempat Maria Branyas diisolasi.

Spanyol sangat terpukul oleh pandemi COVID-19. Pada Selasa kemarin, negara itu telah mengonfirmasi 228.030 kasus infeksi Corona dengan hampir 27.000 kematian.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3967 seconds (0.1#10.140)