Masyarakat Masih Percaya Kepemimpinan Adnan-Kio untuk 5 Tahun Mendatang

Rabu, 16 Desember 2020 - 17:30 WIB
loading...
Masyarakat Masih Percaya Kepemimpinan Adnan-Kio untuk 5 Tahun Mendatang
Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio). Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Perolehan suara dari pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) berhasil memecahkan beberapa rekor pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal ini berdasarkan hasil yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa pada rapat pleno terbuka penghitungan hasil perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Gowa tahun 2020, Rabu (16/12/2020) di kantor KPU Gowa . Di mana pasangan berjargon "Doboloki" ini berhasil meraih suara terbanyak.



Tercatat perolehan suara Adnan-Kio sebesar 91,22 persen atau 377.463 suara. Sedangkan kolom kosong meraih suara 8.78 persen atau 36.325 suara.

Pengamat Sosiologi Politik Universitas Hasanuddin , Sawedi Muhammad mengatakan, kemenangan Adnan-Kio yang mencapai 91 persen dari kolom kosong dapat dibaca dalam berbagai perspektif. Pertama, secara sosiologis kultural, Adnan-Kio mewakili representasi masyarakat Kabupaten Gowa yang hampir sempurna.

“Warga Kabupaten Gowa merasa dirinya, harapan dan impiannya terwakili oleh sosok Adnan-Kio . Hal inilah sehingga kepemimpinan Adnan-Kio masih mendapat kepercayaan yang besar dari masyarakat, dan kita tidak bisa pungkiri hal ini,” katanya, Rabu (16/12/2020).

Kedua, secara historis, Adnan dianggap sebagai penerus legasi dari ayahnya, almarhum Ichsan Yasin Limpo yang juga pernah menjadi Bupati Gowa dua periode. Bahkan beberapa pihak menilai sosok Adnan dianggap merupakan titisan dari ayahandanya.



Adnan dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas, dapat merangkul masyarakat dan mengayomi masyarakat sehingga dirinya gampang mendapat tempat di hati masyarakat dan simpatisannya. Begitu pun dengan wakilnya yang dinilai memiliki komitmen dalam mendukung kebijakan-kebijakan yang dilakukan pasangannya (Bupati Gowa),” ujarnya.

Ketiga, Kabupaten Gowa selama kepemimpinan Adnan-Kio berada dalam kondisi yang relatif stabil, khususnya pada awal pandemi virus corona atau Covid-19 , Kabupaten Gowa dianggap salah satu daerah dengan klaster Covid-19 yang menghebohkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)