Bandara Husein Sastranegara Kembali Dibuka, Ini Persyaratan Calon Penumpang

Rabu, 13 Mei 2020 - 12:30 WIB
loading...
Bandara Husein Sastranegara Kembali Dibuka, Ini Persyaratan Calon Penumpang
Bandara Husein Sastranegara Bandung kembali beroperasi untuk penerbangan komersial sejak 9 Mei 2020. Foto/Humas AP 2
A A A
BANDUNG - Bandara Husein Sastranegara Bandung kembali beroperasi untuk penerbangan komersial sejak 9 Mei 2020. Otoritas bandara menerapkan sejumlah protokol agar calon penumpang bisa menggunakan maskapai ke kota tujuan.

Plt Executive General Manager Angkasa Pura II Husein Sastranegara Bandung, R Iwan Winaya Mahdar mengatakan, beroperasinya penerbangan di Husein berdasarkan Permenhub No 25 dan Surat Edaran No 32/2020 dari Dirjen Perhubungan Udara. Serta, Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di mana Bandara Husein Sastranegara Bandung menerapkan prosedur ketat bagi setiap penumpang yang hendak bepergian.

Setidaknya ada 3 dokumen yang harus dilengkapi agar penumpang bisa diberikan izin untuk terbang. Pertama, tiket keberangkatan. Kedua, surat alasan keterangan perjalanan. Untuk syarat ini, bagi ASN atau PNS harus mendapat tanda tangan eselon 2 dari dinas.

Apabila swasta dari atasan langsung dari perseroan atau dinas, kalau di luar ASN atau kerja swasta harus dapat keterangan dari Pemerintah setempat setingkat Lurah atau Camat pasti bukan alasan untuk mudik. Ketiga, surat keterangan sehat bebas COVID-19.

Surat tersebut harus lengkap dan harus ditunjukkan di Posko Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19 yang bertugas di Bandara. Petugas di bandara terdiri atas TNI AU, Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan, Avsec, dan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung.

"Apabila dokumen yang dipersyaratkan tidak lengkap, maka akan disuruh kembali. Jadi 3 dokumen ini bersifat mandatori," kata R Iwan Winaya Mahdar. (Baca juga; Jabar Siapkan Antisipasi Kedatangan Ribuan Pekerja Migran dari Luar Negeri )

Setelah menunjukkan 3 dokumen tersebut, penumpang baru akan masuk ke dalam kategori dipertimbangkan untuk berangkat. Dalam kategori tersebut, mereka akan dievaluasi oleh Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung (KKP). Petugas KKP akan memvalidasi dokumen serta melakukan cek fisik apakah ada tanda terjangkit COVID-19 atau tidak.

"Apabila calon penumpang tersebut sudah dinyatakan sehat dan tidak ada tanda-tanda terjangkit Covid-19 oleh Tim KKP, selanjutnya penumpang mengisi electronic Healt Alert Card" kata R Iwan Winaya Mahdar.

Jika sudah melalui proses ini, maka petugas memperbolehkan calon penumpang menunggu di boarding room. Proses ketat masih belum selesai. Sebelum masuk ke pesawat, petugas maskapai penerbangan juga akan melakukan prosedur pengecekan kesehatan lebih dulu.

"Ada physical distancing di pesawat, duduk jaga jarak, dan capacity pesawat maksimal 50 persen. jadi cara duduk tidak berdekatan seperti biasa," kata R Iwan Winaya Mahdar. (Baca juga; Jabar Nihil Klaster Baru Penyebaran COVID-19 )

Setelah tiba di destinasi, maka k electronic Healt Alert Card juga akan dilakukan verifikasi oleh petugas KKP. Selain itu, mereka akan diukur lagi suhu tubuhnya.

Dengan demikian, Iwan berpesan kepada setiap calon penumpang agar tidak menggunakan patokan waktu sebelum pandemi. Pnumpang di sarankan datang 2 atau 3 jam sebelum keberangkatan untuk mengikuti proses pemeriksaan sesuai dengan prosedur.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)