Hitung Cepat Raih 40,75%, Dawam-Azwar Unggul di Pilkada Lampung Timur

Kamis, 10 Desember 2020 - 04:52 WIB
loading...
Hitung Cepat Raih 40,75%, Dawam-Azwar Unggul di Pilkada Lampung Timur
Hasil quick count atau hitung cepat Rakata Institute, pasangan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi unggul di Pilkada Lampung Timur dengan perolehan suara 40,75% suara. Foto/Ist
A A A
LAMPUNG TIMUR - Hasil quick count atau hitung cepat Rakata Institute, pasangan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi unggul di Pilkada Lampung Timur dengan perolehan suara 40,75% suara. Sementara pasangan Yusran Amirullah-Benny Kisworo memperoleh 23,61% suara, sedangkan pasangan Zaiful Bokhari-Sudibyo mendapatkan 35,64% suara.

Dengan demikian, pasangan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diprediksi akan memenangkan pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur 2020. Rakata Institute merupakan salah satu lembaga survei dan hitung cepat yang mendapatkan izin untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

(Baca juga: Jungkalkan Paslon PDIP di Kandang Banteng, Makde Rachmad: Sekarang Kosong-kosong)

Manajer Riset Rakata Institute Yuli Harmoko mengatakan, pasangan Yusran Amirullah-Benny Kisworo hanya menang di 2 kecamatan, Zaiful Bokhari-Sudibyo unggul di 7 kecamatan, dan Dawam-Azwar menang di 15 kecamatan. "Dengan demikian, pasangan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diprediksi akan memenangkan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur 2020," katanya, Rabu (9/12/2020).

(Baca juga: Turuti Pesan Megawati, Cabup Kediri Putra Pramono Anung Kembali Kenakan Sepatu Taufik Kiemas)

Menyikapi hasil survei Rakata Institute, tim pemenangan pasangan calon Bupati Lampung Timur nomor urut 3, Dawam Raharjo-Azwar Hadi mengaku bersyukur. Selain hasil hitung cepat, mereka juga melakukan perhitungan real count berdasarkan C1 plano di 2020 TPS yang ada di Lampung Timur.

"Menyikapi hasil hitung cepat rakata ini tentu kami bersyukur, hasil quick count Rakata terbukti tidak jauh berbeda dari real count tim pemenangan,” kata ketua Tim pemenangan Dawam-Azwar, Noverisman Subing, Rabu (9/12/2020).

Real count yang dilakukan tim pemenangan, ungkap Noversiman, terdapat selisih kemenangan sekitar 4%, lebih sedikit dari perhitungan Rakata 5,11%.

"Hasil real count kami berdasarkan C1 pleno tidak jauh berbeda, selisihnya sekitar 4 persen, kalau Rakatata kan 5 persen. Tetapi tidak masalah karena masih masuk margin error," ungkap anggota DPRD Provinsi Lampung asal PKB ini.

Oleh karena itu, Nover meyakini tidak ada pergeseran suara. Mengingat rekapitulasi secara online yang dilakukan KPU Lampung Timur masih minim. "Rekapitulasi KPU datanya masih di bawah 50 persen. Meski demikian, hasil perhitungan KPU pun memenangkan pasangan nomor urut 3. Untuk itu saat ini tim sudah mengumpulkan seluruh C1 dan hasil rekapitulasi perhitungan di TPS, memastikan tidak ada pergeseran suara," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3188 seconds (0.1#10.140)