Hasil Survei Elektabilitas Pilwali Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman Menang atas Eri-Armuji

Sabtu, 05 Desember 2020 - 21:33 WIB
loading...
Hasil Survei Elektabilitas Pilwali Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman Menang atas Eri-Armuji
Berdasarakan hasil rilis dari berbagai lembaga survei, Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman menang atas pesaingnya yakni Eri-Armuji. (Ist)
A A A
SURABAYA - Hasil survei dari lembaga survei terus bermunculan menjelang pencoblosan Pilwali Kota Surabaya 2020. Berdasarakan hasil rilis dari berbagai lembaga survei, Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman menang atas pesaingnya yakni Eri-Armuji.

Kemenangan paslon Machfud Arifin-Mujiaman pertama kali diungkapkan oleh lembaga survei paling akurat berdasarkan hasil Pilpres 2019 yakni Poltracking Indonesia. Lembaga survei binaan Hanta Yuda ini mengatakan paslon yang dikenal peduli tersebut menang telak dengan selisih 17.6 persen suara.

"Dengan simulasi surat suara elektabilitas pasangan Machfud Arifin-Mujiaman 51.7 persen dan Eri-Armuji 34.1 persen," ungkap Manajer Riset Poltracking Indonesia, Masduri.

Di samping Poltracking Indonesia, kemenangan juga terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). FISIP UINSA menyatakan Machfud Arifin-Mujiaman menang dengan memperoleh 46 persen elektabilitas.

Sedangkan, Eri-Armuji mendapatkan 42.86 persen elektabilitas dari masyarakat Kota Surabaya. Dengan ini, Machfud Arifin-Mujiaman unggul 3.14 persen dari pasangan Eri-Armuji. "Machfud Arifin-Mujiaman unggul 3.14 persen," ujar Kepala Prodi Ilmu Politik FISIP UINSA, Holilah. (Baca: Resepsi Pernikahan di Tasikmalaya Dibubarkan, Satgas Adu Mulut dengan WO).

Baru-baru ini, kemenangan dikemukakan oleh Lembaga survei Accurate Research and Consulting (ARC) Indonesia. Dari sisi elektabilitas pasangan yang dikenal peduli Machfud Arifin dan Mujiaman menang hingga 8,54 persen dari lawannya.

Dari rilis yang disampaikan, Machfud Arifin-Mujiaman memiliki elektabilitas di angka 49,81 persen. Di sisi lain, pesaingnya memperoleh elektabilitas sebesar 41,27 persen. "Dengan ini paslon nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman unggul dari pesaingnya sebesar 8,54 persen menjelang pencoblosan," terang Baehaqi Siraj Direktur Eksekutif ARC Indonesia.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5064 seconds (0.1#10.140)