Ratusan Unggas Mati Terkena Flu Burung, Terpapar Ayam dari Luar Daerah

Kamis, 03 Desember 2020 - 21:49 WIB
loading...
Ratusan Unggas Mati Terkena Flu Burung, Terpapar Ayam dari Luar Daerah
Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dispernakan, KBB, Wiwin Apriyanti. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menemukan kasus flu burung yang menyerang unggas milik warga.

Akibatnya ratusan unggas milik warga yang berada di Kecamatan Cihampelas, KBB, mati mendadak dan hal tersebut sempat membuat warga sekitar khawatir. "Kejadiannya minggu lalu, ada laporan masuk, lalu kami datangi. Ternyata dari hasil rapid test, unggas yang mati itu terserang virus flu burung," ungkap Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dispernakan, KBB, Wiwin Apriyanti, Kamis (3/12/2020).

Dia menjelaskan, dari hasil observasi di lapangan unggas tersebut terserang virus flu burung dari unggas yang baru didatangkan oleh pemilik peternakan dari luar daerah. Unggas yang terpapar virus flu burung tersebut merupakan ayam berjenis ayam kampung. "Virus ini bisa menular ke jenis unggas lain dengan kontak langsung. Terutama dipergantian musim seperti sekarang, biasanya daya tahan tubuh ternak turun, jadi banyak unggas yang mudah terserang penyakit," sambungnya. (Baca: Sopir Bus Melawan Arah Dikeroyok Massa, Videonya Viral).

Disebutkannya, ciri utama unggas tersebut terpapar flu burung yakni adanya kematian unggas dalam jumlah banyak pada satu tempat (kandang). Serta dalam waktu yang terbilang cepat. Sementara ciri fisiknya terlihat dari jengger berwarna kebiru-biruan.

"Pencegahannya bisa melalui pemberian vaksin flu burung dan melakukan isolasi terhadap unggas yang baru datang dari luar daerah, tidak langsung disatukan," ucapnya seraya menyebutkan kebersihan kandang juga harus diperhatikan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3253 seconds (0.1#10.140)