Bupati Suwirta Tinjau Lokasi Rencana Jalan Lingkar Barat

loading...
Bupati Suwirta Tinjau Lokasi Rencana Jalan Lingkar Barat
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan peninjauan lokasi rencana jalan lingkar barat penghubung tiga desa di Kecamatan Dawan, Selasa (1/12/2020).
KLUNGKUNG - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan peninjauan lokasi rencana jalan lingkar barat penghubung tiga desa di Kecamatan Dawan, Selasa (1/12/2020).

Turut mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung, I Wayan Suteja, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkab Klungkung Anak Agung Lesmana, Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Klungkung AA Gede Putra Wedana Camat Dawan, I Dewa Gede Widiantara serta instansi terkait.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkab Klungkung Anak Agung Lesmana menyampaikan bahwa panjang Jalan Melingkar Barat Desa Dawan Klod, Dawan Kaler dan Desa Besan kurang lebih 4 km, dengan lebar 6 meter.

Seusai melakukan peninjauan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa jalan lingkar barat yang berada di pinggir bukit dengan menghubungkan Desa Dawan Klod, Dawan Kaler sampai Desa Besan ditargetkan mulai dilaksanakan Februari 2021 melalui program Karya Bhakti yang akan dikerjakan oleh TNI dengan biaya kurang lebih Rp2,5 miliar yang dikerjakan secara bertahap.

Ide tersebut tercetus ketika dirinya melakukan jalan-jalan di pinggir bukit Desa Dawan Kaler, Bupati Suwirta melihat ada potensi yang luar biasa yang belum digarap, sehingga diharapkan dengan adanya jalan Melingkar Barat ini, maka potensi yang ada di sekitar Jalan Melingkar dapat digarap dengan baik, dan lahan yang tidak produktif yang berada di perbukitan dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan perekonomian oleh masyarakat sekitar.



Bupati Suwirta mengatakan tujuan pembangunan jalan lingkar barat ini yakni dalam upaya mengembangkan Desa Dawan Klod, Dawan Kaler dan Desa Besan menjadi satu kesatuan kegiatan baik di bidang Desa Wisata, Agro Wisata, maupun kegiatan perekonomian lainnya.

Bupati Suwirta mengingatkan kepada instansi terkait, agar dalam pembuatan jalan lingkar, dapat dibuat dengan baik, tidak terlalu curam, dan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan dalam membuat jalan lingkar. Serta memperhitungkan jarak antara jalan utama dengan jalan melingkar tidak terlalu dekat.

Sebelumnya pihak Pemkab Klungkung sudah membahas rencana pembuatan jalan melingkar barat Dawan Klod, Dawan Kaler dan Besan, ketika Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin Temu Wirasa di Balai Banjar Kawan, Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung, September lalu. (humasklk/cok)
(alf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top