Dua Bulan Kampanye, Elektabilitas Eri Cahyadi Sukses Salip Machfud Arifin

loading...
Dua Bulan Kampanye, Elektabilitas Eri Cahyadi Sukses Salip Machfud Arifin
Dua berjalan, elektabilitas paslon Pilkada Surabaya 2020 nomor urut 1 ini sukses menyalip pesaingnya, (Ist)
SURABAYA - Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani baru membacakan nama Eri Cahyadi dan Armuji sebagai pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya yang diusung PDI Perjuangan, pada Rabu (2/9/2020). Dua bulan berjalan, elektabilitas paslon Pilkada Surabaya 2020 nomor urut 1 ini sukses menyalip pesaingnya, Machfud Arifin-Muiaman.

Pada survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada 11 hingga 18 November 2020, elektabilitas (tingkat keterpilihan) Eri yang berpasangan dengan Armuji sukses meninggalkan Machfud Arifin-Mujiaman. Presentasenya, pasangan Eri Cahyadi-Armudji dengan 48,5% an Machfud Arifin-Mujiaman 37,3%. Adapun warga yang belum tahu/tidak jawab sekitar 14,2%.

Fenomena tingkat elektabilias Eri Cahyadi yang menyalip Machfud Arifin berdasark survei SMRC ini cukup menarik. Mengingat Machfud telah terlebih dahulu running dalam Pilkada Surabaya. Serta, mendeklarasikan diri sebagai calon Wali Kota dan mendapatkan rekomendasi partai sejak pertengahan tahun.(Baca: Survei SMRC, Elektabilitas Eri-Armudji Tembus 48,5%).

Deni Irvani, Direktur Riset SMRC, dalam presentasi hasil survei SMRC mengatakan, Eri Cahyadi lebih banyak dipilih karena dia dinilai punya kualitas personal yang lebih positif dibanding calon lain. “Di antara yang tahu, yang suka kepada Eri 71%, lebih tinggi dibandingkan Machfud 66%. Ini yang menjelaskan mengapa Eri Cahyadi sementara unggul atas Machfud Arifin,” kata Deni.

(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top