Banyak Warga Miskin di Sewaka Belum Terima Bansos

Senin, 11 Mei 2020 - 12:35 WIB
loading...
Banyak Warga Miskin di Sewaka Belum Terima Bansos
Kondisi warga miskin di Desa Sewaka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.FOTO :iNews.id/Ahmad Tasori
A A A
PEMALANG - Pembagian Bantuan Sosial (Bansos) bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19, di Desa Sewaka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dikeluhkan oleh warga miskin yang tidak menerima bantuan tersebut.

Pasalnya, Bansos berupa Bantuan Sosial Tunai atau BST sebesar Rp600 ribu/bulan selama tiga bulan kedepan dari Kementrian Sosial (Kemensos) tersebut justru dinikmati oleh sebagian warga yang tergolong mampu.

Taslimah,68, salah seorang warga RT 1/7, Dusun Cengis, Desa Sewaka mengatakan, dirinya tidak mendapatkan bantuan. Padahal, ia hanya seorang janda yang mengandalkan hidupnya dari jualan krupuk keliling.

Ia berharap kepada pemerintah baik pusat maupun daerah untuk lebih teliti lagi dalam memberikan bantuan kepada warganya. Terlebih, saat pandemi korona seperti saat ini usahanya jualan kerupuk kelilingnya tidak berjalan lancar.

"Saya sangat berharap dan minta tolong kepada presiden Jokowi kemarin ada bantuan tapi kami tidak dapat padahal saya sudah didata, saya seorang janda yang sudah ditinggal mati suami, sehari-hari saya makan hanya mengandalkan jual kerupuk keliling," cerita Taslimah, Senin (11/05).

Dengan raut wajah sedih, Taslimah berharap agar bantuan berikutnya baik sembako maupun uang tunai yang dijanjikan pemerintah bisa kebagian. Pasalnya, penghasilan dari jualan krupuk kelilingnya tidak bisa diharapkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nurohim (69) warga RT 3/7 yang berprofesi sebagai buruh srabut ini menuturkan, Bansos dari Kemensos tahap kedua yang diambil melalui kantor Pos dinilai tidak tepat sasaran karena, warga yang bener-benar membutuhkan justru tidak mendapatkan bantuan tersebut.

"Kami heran kenapa bisa begitu, yang pasti warga banyak yang kecewa karena bantuanya tidak tepat sasaran dan masih banyak warga miskin yang tidak mendapatkan bantuan," keluhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sewaka Almakiyah saat dikonfirmasi menyatakan, bahwa ada 1668 Kepala keluarga yang nantinya akan mendapatkan bantuan, baik dari Kemensos, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten.

"Untuk bantuan Kemensos tahap satu ada 88 KK dan baru cair 8 KK, sementara gelombang dua jumlahnya 296 KK yang sudah dicairkan hari Sabtu kemarin," jelasnya.

Ia meminta, kepada warganya yang belum mendapatkan bantuan agar bisa bersabar. Pasalnya, memang belum semua bantuan turun. "Bagi warga yang belum dapat mohon bersabar karena memang belum ada pembagian atau pencairan dari provinsi dan kabupaten maupun sembako perluasan," pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)