Mengintip Program Jogo Tonggo di Kelurahan Jomblang Semarang

Minggu, 10 Mei 2020 - 22:15 WIB
loading...
Mengintip Program Jogo Tonggo di Kelurahan Jomblang Semarang
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengunjungi Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Minggu (10/5/2020). Foto/Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
SEMARANG - Program Jogo Tonggo dalam upaya memutus mata rantai COVID-19 mulai diterapkan masyarakat. Di berbagai daerah di Jawa Tengah, program yang dicetuskan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tersebut mulai dilaksanakan.

Beberapa waktu lalu, Ganjar mengunjungi kampung Tegalsari, Kota Tegal untuk melihat praktik Jogo Tonggo itu. Ia juga mendapat kiriman via medsos dari masyarakat Jepara yang juga menerapkan hal yang sama.

Kali ini, Ganjar mengunjungi Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Minggu (10/5/2020). Sambil ngabuburit, Ganjar gowes ke lokasi itu untuk melihat penerapan praktik Jogo Tonggo. Di lokasi itu, warga menggunakan Balai RW untuk melaksanakan program tersebut. Selain berfungsi sebagai lumbung pangan, lokasi itu juga digunakan untuk mendata masyarakat dari sisi ekonomi, kesenian, hiburan, sosial, kesehatan dan lainnya.

"Program Jogo Tonggo ini kami laksanakan sesuai perintah Pak Gubernur dalam menghadapi COVID-19. Kami mencoba memenuhi semua kriteria yang ada, mulai ekonomi, sosial keamanan, kesehatan dan hiburan," kata Ketua RW 5 Kelurahan Jomblang, Driyanto.

Program ekonomi, lanjut dia, digunakan untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi. Sementara program hiburan, salah satu kegiatannya adalah mengoptimalisasikan seni warga serta memberikan hiburan kepada anak-anak sekolah.

"Sementara sosial keamanan kami selalu berjaga dan mengingatkan kalau ada warga berkerumun. Orang luar yang masuk juga didata satu per satu. Sementara kesehatan, kami melakukan pendataan warga yang rentan seperti lansia dan sebagainya," katanya.

Ganjar Pranowo yang melihat hal itu sangat bangga. Menurutnya, apa yang diinginkan melalui program Jogo Tonggo sudah dapat diterima masyarakat dengan baik.

"Ternyata program Jogo Tonggonya sudah mulai berjalan. Masyarakat sudah menerapkan program untuk menjaga masyarakat baik di bidang seni hiburan, kesehatan, ekonomi dan sosial keamanan," ucapnya.

Ganjar juga senang karena program lumbung pangan juga sudah dilaksanakan sebagai pendukung program Jogo Tonggo. Masyarakat yang mampu saling membantu, bantuan dari semua pihak ditampung jadi satu untuk kemudian disalurkan pada warga yang membutuhkan.

"Saya titip tolong perhatikan lansia, ibu hamil dan menyusui. Lansia kenapa perlu diperhatikan, karena mereka sangat rentan. Sementara ibu hamil dan menyusui penting kita perhatikan karena mereka sedang merawat calon generasi penerus, jangan sampai anak-anak mereka stunting karena kurang gizi akibat pandemi," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)