Data Anggaran Pendidikan, DPRD Sulteng: Rusdy-Ma'mun Sampaikan Data Valid

Selasa, 17 November 2020 - 16:31 WIB
loading...
Data Anggaran Pendidikan, DPRD Sulteng: Rusdy-Mamun Sampaikan Data Valid
Calon Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura. Foto/Ist
A A A
PALU - Anggota Komisi II DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) Yahdi Basma menyatakan data anggaran pendidikan yang disampaikan pasangan calon (paslon) Gubernur-Calon Wakil Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura-Ma'mun Amir merupakan data valid yang bisa dipertanggungjawabkan.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 29 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 22 Tahun 2019 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020. (Baca juga: Debat II Pilgub Sulteng, Rusdy-Ma'mun Dinilai Paham Kebutuhan Masyarakat)

Dia menjelaskan, alokasi anggaran untuk urusan pendidikan hanya sebesar Rp4,1 miliar rupiah atau 9,07% dari total APBD Sulteng tahun 2020 yakni sebesar Rp4,4 triliun. "Angka dan data soal anggaran Pendidikan Sulteng 2020 yang disampaikan Pak Rusdy saat debat adalah benar. Memang kenyataannya hanya 9,07%," ujar Yahdi Basma dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/11/2020). (Baca juga: Irjen Golose Digeser ke Mabes, Polda Bali Kembali Dipimpin Putra Daerah)

Dia mengungkapkan, untuk membuka data kuantitatif progres urusan pendidikan di semua daerah se-Indonesia itu tidaklah sulit. Cukup dengan buka laman resmi milik Kemendikbud http://npd.kemdikbud.go.id yang bisa diakses semua orang.

Jadi dia menilai dengan menjadikan laman resmi milik institusi pemerintahan sebagai sumber data merupakan tindakan logik. Itu artinya, tambah dia, setiap orang maupun yang berbicara berdasarkan data yang jelas merupakan golongan orang yang cerdas.

Apalagi di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini setiap orang dapat dengan mudah menyebarkan kabar apapun. Karenanya dia begitu mengapresiasi tindakan Rusdy-Ma'mun yang selalu mengutamakan informasi melalui sumber terpercaya. "Dan itu yg dilakukan Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir selama ini. Termasuk di Debat Publik II Pilgub Sulteng 2020 kemarin," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3296 seconds (0.1#10.140)