Kemenperin Dorong Industri Kulit dan Alas Kaki Ambil Peluang Bisnis Lewat Digitalisasi

Jum'at, 13 November 2020 - 15:48 WIB
loading...
Kemenperin Dorong Industri Kulit dan Alas Kaki Ambil Peluang Bisnis Lewat Digitalisasi
Pembukaan Kick-Off Digitalisasi Sentra IKM Tanggulangin Sidoarjo, Jumat (13/11/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SIDOARJO - Industri kulit, alas kaki, dan barang jadi kulit merupakan salah satu sektor Industri prioritas yang berhasil mencatatkan nilai surplus dalam perdagangan Internasional.

Pada bulan Agustus 2020, nilai ekspor produk ini lebih besar dari nilai impornya yaitu sebesar USD255,86 juta. Selain itu, Indonesia berada pada urutan ke-4 di dunia sebagai eksportir produk kulit, alas kaki dan barang jadi kulit.

Untuk mendukung perkembangan Industri kulit, alas kaki dan barang jadi kulit, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) sejak tahun 2017 hingga 2019 secara konsisten memberikan dukungan dalam pengembangan industri di Tanggulangin, Sidoarjo.

Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka, E. Ratna Utarianingrum, mengatakan Kementerian Perindustrian telah melaksanakan berbagai program untuk pengembangan Sentra IKM Tanggulangin.

Program itu diantaranya pelaksanaan Program Revitalisasi Sentra IKM Tanggulangin melalui pembangunan gapura, trotoar, taman wisata dan revitalisasi fisik lainnya lewat Dana Alokasi Khusus Revitalisasi Sentra IKM.

Selain itu, untuk program yang bersifat non fisik, telah dilaksanakan berbagai fasilitasi diantaranya fasilitasi akses digital marketing melalui program e-Smart IKM, fasilitasi Rebranding Sentra IKM Tanggulangin dan fasilitasi Upscaling IKM Tanggulangin unggulan.

"IKM mendapatkan berbagai materi workshop terkait dengan perbaikan kualitas produk, Manajemen Bisnis, Strategi Pemasaran, Digital Marketing, Fasilitasi Pembuatan Marketing Tools dan diakhiri dengan Business Matching," katanya.

Dia melanjutkan, pada tahun ini sebagai respon terhadap kondisi pandemi COVID-19 , Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal IKMA melakukan program fasilitasi pemasaran produk melalui jalur Digital di Sentra IKM Tanggulangin Sidoarjo.

Program ini dilaksanakan melalui Digitalisasi Pemasaran Produk Koperasi Intako yang diharapkan bisa berperan dalam melakukan penjualan produk-produk IKM Tanggulangin.

“Program ini bertujuan untuk menjadikan INTAKO sebagai pusat pemasaran digital produk IKM tanggulangin yang akan dilakukan secara bertahap," kata dia pada acara “Kick-Off Digitalisasi Sentra IKM Tanggulangin Sidoarjo” melalui media daring, Jumat (13/11).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2094 seconds (10.101#12.26)