Stiker Kampanye Akhyar-Salman Menempel di Pohon, Panwas: Ini Merusak Estetika

Rabu, 11 November 2020 - 14:47 WIB
loading...
Stiker Kampanye Akhyar-Salman Menempel di Pohon, Panwas: Ini Merusak Estetika
Stiker Kampanye Akhyar-Salman menempel di pohon di salah satu kawasan jalan di Kota Medan (Foto/SINDOnews/Sartana)
A A A
MEDAN - Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Medan Maimun mendata dan mentabulasi bahan kampanye (BK) dan alat peraga kampanye (APK) di sejumlah ruas jalan, pohon dan tiang listrik di wilayah kerjanya.

Data yang dihasilkan selanjutnya akan dikoordinasikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) setempa, agar diketahui apakah benar APK dan BK tersebut sesuai dengan desain resmi yang ditetapkan KPU Kota Medan. (BACA JUGA: Pengamat Sebut Akhyar Menguasai Substansi, Bobby Masih Wacana)

Hal ini sebagaimana Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 4 Tahun 2017 yang telah diperbaharui menjadi PKPU No 11 Tahun 2020 tentang Kampanye.

Ketua Panwascam Medan Maimun, Rido Adeward Sitompul mengatakan, saat ini telah banyak terpasang APK dan BK dari kedua paslon Pilkada Medan. APK dan BK dimaksud, menurutnya belum sesuai dengan regulasi dan desain resmi yang telah ditetapkan KPU Kota Medan.

Dikonfirmasi wartawan, Rabu (11/11/2020), Rido mengakui pula banyak stiker Pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, menempel pada pohon-pohon di Jalan Brigjen Katamso. Namun, soal jumlahnya dia belum bisa menyebut.

"Kita sendiri sedang mendata untuk dipertanyakan ke PPK terkait apakah bahan kampanye tersebut sudah sesuai atau belum dengan ketentuan. Sampai sekarang, APK dan BK yang difasilitasi KPU justru belum terpasang," ujarnya. (BACA JUGA: RE Nainggolan : Bobby-Aulia Kompak, Unggul Debat Putaran Pertama)

Pemasangan stiker di pohon, menurut alumni Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, Sumsel ini, bisa merusak keindahan tatanan kota (estetika) sehinggak tak elok dipandang mata. Karenanya, dia mengimbau tim kedua paslon untuk tidak memasang APK maupun BK di luar ketentuan KPU."Kan sayang saja, sudah dibuat dan dipasang, nanti akhirnya diturunkan juga," tutupnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)