Tenaga Kesehatan di Luwu Diberi Pelatihan Swab Pasien COVID-19

Minggu, 08 November 2020 - 16:28 WIB
loading...
Tenaga Kesehatan di Luwu Diberi Pelatihan Swab Pasien COVID-19
Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Luwu dibekali pengetahuan dan keterampilan cara pengambilan swab terhadap pasien yang diduga terinveksi virus Corona atau covid-19, sesuai standar kesehatan nasional.(Chaeruddin
A A A
BELOPA - Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, dibekali pengetahuan dan keterampilan cara pengambilan swab pasien COVID-19 sesuai standar kesehatan nasional. Ini penting karena terkait keselamatan para nakes sebagai garda terdepan dalam mengatasi penyebaran COVID-19 khususnya di Luwu.

Pelatihan pengbilan swab ini dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bersama Dinkes Luwu Kabupaten Luwu melalui Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Luwu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Bappeda Luwu ini melibatkan seluruh petugas laboratorium kesehatan dan petugas surveilance dari 22 Puskesmas yang ada di Kabupaten Luwu.(Baca juga: Kabupaten Muna Mencekam, Dua Kubu Pendukung Paslon Bupati-Wakil Bupati Terlibat Saling Serang )

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, dr. H. Makhdur, mengatakan pentingnya melakukan deteksi terhadap covid-19 sehingga dapat segera dilakukan antisipasi untuk memutuskan mata rantai penularan covid-1.

"Selain petugas laboratorium kesehatan, kegiatan ini sengaja kita ikutkan pula petugas surveilance dari 22 Puskesmas yang ada di Kabupaten Luwu," ujarnya.

"Ini bertujuan agar jika terdapat kasus covid-19 yang reaktif di wilayahnya, maka dapat langsung turun kelapangan melakukan survey dan memberikan penyuluhan tentang tindakan yang perlu dilakukan masyarakat jika salah satu anggota keluarganya terinfeksi covid-19," lanjutnya.(Baca juga: Banyak Oknum di Pangandaran Lakukan Pemerasan ke Pesantren )

"Dengan demikian mata rantai penularannya dapat diantisipasi sedini mungkin. Pelatihan ini juga memberi pengetahuan tata cara dan standar pengbilan swab agar petugas medis atau tenaga kesehatan kita bisa terhindar dari penularan covid-19 saat penindakan," lanjutnya.

Laporan panitia pelaksana menyebutkan, sebanyak 44 orang petugas surveilance dan petugas laboratorium puskesmas se-Kabupaten Luwu mengikuti kegiatan ini.

Secara bergantian, materi dibawakan oleh dr. Wihartanti, Sp. THT (dokter specialis THT dari Rumah Sakit Umum Daerah Batara Guru Belopa), dr. Rosnawary Basir. M. Tr. Adm. Kes (Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Serta Tim Laboran RSUD Batara Guru Belopa
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)