Bupati bersama Satgas Covid-19 KLU Roadshow Pencegahan Corona di Bayan

Sabtu, 09 Mei 2020 - 12:55 WIB
loading...
A A A
Kebutuhan APD di Lombok Utara saat ini sudah mencukupi baik yang dibeli oleh Satgas, bantuan dari Pemprov NTB serta donasi dari berbagai pihak yang peduli, di mana APD tersebut sudah disalurkan ke seluruh Puskesmas.

Dalam pada itu, Kadis Kesehan HL Bahrudin menerangkan kepada keluarga pasien positif maupun reaktif Covid-19, bahwa virus Corona adalah virus baru dan menyerang organ pernapasan manusia. Bukan hanya masyarakat KLU saja yang terinfeksi tetapi hampir semua orang di seluruh dunia ikut terdampak. "Sehingga dalam penanganannya kita tidak main-main. Salah satu upaya kita bersama untuk mencegahnya adalah dengan memutus rantai penyebarannya," ujarnya.

Lebih lanjut dokter Bah menuturkan, dari sejumlah orang yang dinyatakan positif terjangkit dan sebelumnya pernah kontak melakukan langsung dengan orang lain menyebabkan wabah global itu menyebar khususnya di Kecamatan Bayan seraya menceritakan bahwa di Bayan pertama warga yang dinyatakan positif itu ada lima orang. Pihaknya kemudian mengambil langkah cepat dengan melakukan kontak tracking kepada 150 orang.

Oleh karena itu, salah satu upaya dalam menangani pandemi bagi warga yang dinyatakan hasil rapid tes-nya reaktif, pihaknya sesegera mungkin mengkarantina di Unit Layanan Karantina Covid-19 KLU.

Ditegaskan Kadis Kesehatan Bahrudin, ada beberapa kriteria orang yang punya risiko tinggi terkena virus corona di antaranya lanjut usia, memiliki penyakit bawaan dan anak-anak. "Semoga kita semua patuh pada anjuran yang disampaikan pemerintah untuk memutuskan rantai penularan," harapnya.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyerahan sembako secara simbolis kepada masing-masing keluarga pasien sebanyak sebelas paket. (sid)
(alf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2103 seconds (0.1#10.140)