Sultan Meyakini Warga Lereng Merapi Hafal dengan Aktivitas Merapi

Kamis, 05 November 2020 - 20:09 WIB
loading...
Sultan Meyakini Warga Lereng Merapi Hafal dengan Aktivitas Merapi
Warga beraktivitas di lereng Gunung Merapi. Saat ini Gunung Merapi berstatus siaga. Foto/Dok.SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
YOGYAKARTA - Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menetapkan kenaikan status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga. (Baca juga: Belajar Dari Internet, Residivis Asal Mojokerto Produksi Sabu di Kamar )

Menghadapi situasi tersebut Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku, yakin dengan kemampuan warga Gunung Merapi yang sudah hafal dengan situasi Gunung Merapi .

"Kami berharap masyarakat tenang tidak panik, masyarakat kan sudah hafal, jadi sudah paham dengan situasi Gunung Merapi ," terang Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (5/11/2020).

Sultan Meyakini Warga Lereng Merapi Hafal dengan Aktivitas Merapi


Hanya saja dia tetap meminta kepada warga di Sleman di sisi timur, selatan, serta barat, Gunung Merapi untuk memperhatikan bahwa Gunung Merapi saat ini sudah ditingkatkan statusnya dari waspada menjadi siaga. (Baca juga: Merapi Siaga, Truk Penambang Pasir Dilarang Lewat Jalur Evakuasi )

"Saya yakin mereka punya pengalaman berarti dengan Gunung Merapi . Untuk itu Pemkab Sleman harus mempersiapkan diri termasuk jalur evakuasi dan kesiapsiagaan menghadapi situasi Gunung Merapi ," katanya.

Seperti diketahui BPPTKG hari ini menaikkan status menjadi siaga atau level III. Hal ini lantaran aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang terus mengalami peningkatan. (Baca juga: Habib Rhizieq Pulang Kampung, MUI Jabar: Silakan Dijemput Baik-baik )
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5493 seconds (0.1#10.140)