Sulawesi Utara Daerah Berpotensi Bencana Alam, Ini Kesiapan Mengantisipasi

Selasa, 03 November 2020 - 14:02 WIB
loading...
Sulawesi Utara Daerah Berpotensi Bencana Alam, Ini Kesiapan Mengantisipasi
Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni saat menghadiri Kegiatan Apel Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Lapangan Koni Sario Manado, Selasa (3/11/2020). (Foto/Ist)
A A A
MANADO - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut ) termasuk daerah yang mempunyai banyak potensi bencana alam .Di antaranya banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, serta erupsi gunung api.

Ini karena di Sulut ada 8 gunung api aktif yaitu Lokon, Soputan, Mahawu, Karangetang, Ambang, Awu, Ruang, dan Tangkoko.

“Ini yang perlu diantisipasi, melalui apel saat ini dapat mempersiapkan dan meningkatkan kesiapsiagaan semua unsur dalam penanggulangan bencana di daerah. Pemerintah, masyarakat relawan serta kesiapan sarana dan prasarana agar kita selalu siap dan dapat menekan resiko bencana alam di Sulut,” kata Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni saat menghadiri Kegiatan Apel Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Lapangan Koni Sario Manado, Selasa (3/11/2020). (BACA JUGA: Waspada, Pagi Ini Hampir Seluruh Wilayah Sulut Diguyur Hujan)

Pada kesempatan itu, Fatoni mengatakan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi bencana. Pasalnya, saat ini paradigma penanggulangan bencana telah berubah dari responsif menjadi preventif.

Dia juga menyinggung slogan Kepala BNPB “Bencana Urusan Bersama” sekaligus mengingatkan seluruh elemen untuk ikut serta dan bersama-sama bekerja dalam upaya penanggulangan bencana di Sulut.

“Koordinasi dan komunikasi yang cepat dari unsur penanggulangan bencana di kabupaten/kota dengan unit yang ada di provinsi untuk terus dimaksimalkan sehingga respon cepat dan keterpaduan dalam bencana dapat tercipta untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi,” ujarnya.

Selain itu, dalam arahannya Fatoni mengimbau semua pihak untuk tetap disiplin dalam protokol kesehatan, karena saat ini kondisi kita masih dalam pandemi COVID-19. (BACA JUGA: 10 Pemabuk Miras Cap Tikus Diamankan Polres Minahasa Selatan)

Pada kesempatan ini juga, Fatoni langsung meninjau kesiapan dari para personel, alat dan kendaraan yang ada di lapangan. Dengan adanya apel ini juga menandakan bahwa Pemprov Sulut dan unsur terkait sudah siap dalam penanggulangan bencana.

Dalam apel siaga yang dilaksanakan BPBD Sulut diikuti oleh jajaran TNI, Polri, Basarnas, Satpol-PP, Baguna, Reskom, unit SAR Sulut, Dispora, BPBD, Balai Jalan, Balai Sungai, Dinas PU, RAPI Sulut dan BNPB.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)