Okupansi Pesawat di Bandara Husein Sastranegara Naik 50%, Maskapai Tambah Extra Flight

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 13:53 WIB
loading...
Okupansi Pesawat di Bandara Husein Sastranegara Naik 50%, Maskapai Tambah Extra Flight
Okupansi Pesawat di Bandara Husein Sastranegara Naik 50%, Maskapai Tambah Extra Flight. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Okupansi pesawat di Bandara Husein Sastranegara Bandung pada libur panjang pekan ini mengalami kenaikan hingga 50% hampir di semua rute penerbangan, terutama rute Bandung-Denpasar.

Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara Bandung R. Iwan Winaya Mahdar mengatakan, saat ini rata-rata okupansi pesawat di Bandara Husein mencapai 70%. Angka ini naik dari okupansi pada hari biasa antara 20 hingga 40%.

"Kami mencatat total penumpang berangkat dan datang pada Rabu, (28/10/2020) mencapai 2.560 orang dengan 28 flight. Jumlah ini tertinggi sejak pesawat tipe jet diperbolehkan beroperasi di Bandara Husein Sastranegara. Sebelumnya, angka tertinggi hanya 1.773 penumpang dalam satu hari," kata Iwan, Jumat (30/10/2020).

Bahkan, kata iwan, maskapai Garuda Indonesia menambah ekstra flight untuk rute Bandung-Denpasar. Penambahan ini menyikapi tingginya pemesanan penumpang. Karena, untuk satu flight, maskapai hanya diperkenankan mengisi 70% kursi.

Dia memprediksi, kenaikan penumpang karena masyarakat akan melakukan liburan. Hal ini tampak pada tingginya penebangan ke Bali yang merupakan destinasi wisata. Begitupun penumpang kedatangan dari beberapa daerah ke Bandung. Mereka diprediksi bakal berlibur di Bandung.

Iwan memprediksi, lonjakan penumpang akan kembali terjadi pada Minggu akhir pekan ini. Mayarakat diprediksi akan kembali ke daerahnya masing masing setelah libur panjang. (Baca juga: Hari Ketiga Libur Panjang, 254.673 Kendaraan Tinggalan Jakarta Menuju Timur)

Di Bandara Husein Bandung, tercatat ada tiga maskapai yang mengoperasikan pesawat jet yaitu Garuda Indoensia, Citilink, dan Lion Air.

Melayani penerbangan Bandung ke Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Makasar, Denpasar, dan Kualanamu. (Baca juga: PT Harsen Bersedia Uji Klinis Untuk Invermectin Sebagai Pengobatan COVID-19)

Sementara untuk pesawat ATR, ada maskapai Wings Air yang melayani perbangan di Pulau Jawa. Melayani penerbangan Bandung-Surbaya dan Bandung-Yogyakarta.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)