Tabung Gas Elpiji 3 Kg Meledak di Pungkur Bandung, 5 Luka Bakar

Kamis, 29 Oktober 2020 - 17:25 WIB
loading...
Tabung Gas Elpiji 3 Kg Meledak di Pungkur Bandung, 5 Luka Bakar
Satu rumah di permukiman padat penduduk di Jalan Pasundan, Gang Natawijaya, Kelurahan Pungkur, Kecamatan Regol, Kota Bandung, nyaris ludes terbakar akibat kebocoran tabung gas elipji 3 kg, Kamis (29/10/2020). (Foto/Inews.Id/Agus Warsudi)
A A A
BANDUNG - Akibat kebocoran tabung gas elipji 3 kg hingga menimbulan ledakan dan menyulut api, satu rumah di permukiman padat penduduk di Jalan Pasundan, Gang Natawijaya, Kelurahan Pungkur, Kecamatan Regol, Kota Bandung, nyaris ludes terbakar, Kamis (29/10/2020).

Selain bagian dapur dan ruangan lantai dua hangus, juga lima orang mengalami luka bakar. Dua korban, Murtika dan Juhenah dibawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah dan tiga orang, Yaya Suharya, Rahmawati, dan Maryati, ditangani oleh petugas media Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Beruntung peristiwa tersebut tak menyebabkan rumah permanen berlantai dua itu ludes. Petugas pemadam dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar) PB Kota Bandung merespons cepat kejadian dengan tiba di lokasi dalam waktu lima menit. (BACA JUGA: Tabung Gas Meledak, Fountain Cafe di Plaza Ramayana Medan Terbakar)

Tim Diskar PB Kota Bandung menurunkan 3 Unit Pancar UPT Selatan, 2 Unit Pancar Pusat, 1 Unit Rescue, dan 1 Unit Komando PB. Selain itu, meluncur pula unsur bantuan PMI Kota Bandung, PLN, dan Linmas Kelurahan Pungkur.

Petugas langsung melakukan penanganan dan pendinginan. "Setelah tiba di lokasi api sudah padam oleh warga dan kemudian petugas melakukan pendinginan dan pengecekan secara menyeluruh pada objek yang terbakar," kata Kabid Penanggulangan Bencana Dian Rudianto dalam laporan akhir penanggulangan kebakaran di Jalan Pasunda.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, peristiwa itu dilaporkan ke Diskar PB Kota Bandung oleh Rini, warga setempat. Kronologi kejadian, berdasarkan keterangan pemilik rumah, Kosim, sebelum kejadian, istrinya Martika sedang memasak.

Tiba-tiba terjadi ledakan di bagian dapur, disusul kemudian muncul api yang membakar dapur dan sebagian ruangan di lantai 2. Karena panik, pemilik rumah langsung meminta bantuan warga untuk memadamkan api.

"Kemudian warga melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung melalui Emergency Call 022-113," ujar Dian.

Dalam laporan akhir penanggulangan disebutkan, luas keseluruhan area rumah yang nyaris ludes terbakar kurang lebih 28 meter persegi. (BACA JUGA: Tabung Gas Meledak, Rumah Nenek Rengking Ludes Terbakar)

Sedangkan luas area yang terbakar kurang lebih 8 meter persegi, hanya bagian dapur dan sebagian ruangan di lantai 2. Total kerugian belum diperkirakan.

Berkat kesigapan petugas Diskar PB, objek yang terselamatkan antara lain, rumah korban Kosim kurang lebih 20 meter persegi, sebelah kiri rumah milik Saep 52 meter persegi, kanan rumah Yanto 52 meter persegi, bagian depan rumah milik Ruhmini 100 meter persegi, dan bagian belakang rumah Ani 35 meter persegi.Total kisaran bangunan yang terselamatkan Rp751 juta.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)