Taruna AAL Kunjungi Satgas Pulau Terluar Penjaga Batas wilayah NKRI di Pulau Berhala

Kamis, 29 Oktober 2020 - 17:03 WIB
loading...
Taruna AAL Kunjungi Satgas Pulau Terluar Penjaga Batas wilayah NKRI di Pulau Berhala
Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci (OBS) kunjungi Pulau Berhala. Foto/Dispen Koarmada II
A A A
SURABAYA - Taruna-Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) yang tergabung dalam Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci (OBS) melaksanakan misi kunjungan ke pulau terluar perbatasan Indonesia-Malaysia.

Setelah lepas dari Kota Belawan, mereka mengunjungi Satgas Pulau Terluar (Puter) yang menjaga batas wilayah NKRI di Pulau Berhala.

Disana terdapat 1 SST (24 prajurit Marinir dan 10 prajurit TNI AD) yang bertugas menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Komandan Satgas OBS, Letkol Waluyo mengatakan, kunjungan ke pulau terluar Indonesia tersebut adalah salah satu bagian dari pembelajaran pengetahuan batas wilayah NKRI bagi para Taruna AAL.

"Disamping itu juga sebagai upaya memperkuat sinergitas antar prajurit TNI AL, terutama yang berdinas menjaga garda terdepan NKRI," terangnya melalui siaran pers, Kamis (29/10/2020).

Selain itu, lanjutnya, kunjungan ke pulau terluar adalah implementasi dari program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono.

Hal itu agar setiap unsur KRI dalam setiap operasi menyempatkan singgah di pos-pos TNI AL maupun satgas yang bertugas di pulau terdepan dan terluar NKRI untuk memperkuat sinergitas TNI AL. (Baca juga: Kubu Machfud-Mujiaman Klaim Unggul 20 Persen, Poltracking Enggan Buka Suara)

Dalam kesempatan itu, Komandan Satgas OBS Letkol Laut (P) Waluyo, juga menyerahkan secara langsung bantuan Sembako dan alkes kepada Komandan Peleton Lettu Marinir Chalvin Sahusilawane. (Baca juga: Kebun Binatang Surabaya Masih Jadi Jujukan Libur Panjang)

Letkol Waluyo berharap, bantuan yang diberikan oleh Satgas Operasi Bima Suci 2020 ini bisa bermanfaat bagi Satgas Puter Pulau Berhala dalam melaksanakan tugas di perbatasan. "Selamat Bertugas, tetap semangat untuk menjaga kedaulatan NKRI", pungkasnya.

Dalam pelaksanaan penyerahan bantuan logistik dan alkes, para prajurit tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebagai tindak lanjut dari penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, kepada Komandan Satgas OBS guna mencegah penularan COVID-19.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)