Bolsel Kembali Diguncang Gempa, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 29 Oktober 2020 - 10:33 WIB
loading...
Bolsel Kembali Diguncang Gempa, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa tektonik bermagnitudo 5,0 kembali mengguncang Bolsel. Foto/BMKG
A A A
MANADO - Wilayah Teluk Tomini, kembali diguncang gempa bumi . Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,26 Lintang Selatan (LS) dan 124,46 Bujur Timur (BT).

(Baca juga: Gempa Bumi Bermagnitudo 5,7 Guncang Bolsel, Ini Penjelasan BMKG )

Pusat gempa bumi berada di laut, berjarak 88 km arah tenggara Kota Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut) pada kedalaman 10 km.

Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H Mengko mengatakan, bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.



"Ada subduksi lempeng laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," ujarnya, Kamis (29/10/2020).

(Baca juga: Sadis, Usai Bacok Istri Cantik Hingga Bersimbah Darah, Suami di Bungo Kabur )

Guncangan gempa bumi ini menurutnya dirasakan di daerah Kotamobagu dengan skala I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotenai tsunami.

"Gempa bumi ini merupakan gempa bumi susulan dari gempa utama yang terjadi pada 28 Oktober 2020 pukul 17.08 WITA. Hingga hari Kamis (29/10/2020) pukul 09.30 WIB, sudah tercatat satu kali gempa bumi susulan (aftershock)," pungkas Mengko.

(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)