Maju Pilkada Sidoarjo, Ini Program Gus Muhdlor untuk Anak Muda

Kamis, 29 Oktober 2020 - 08:22 WIB
loading...
Maju Pilkada Sidoarjo, Ini Program Gus Muhdlor untuk Anak Muda
Calon Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor). Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SIDOARJO - Calon Bupati Sidoarjo , Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menyiapkan berbagai program untuk mengoptimalkan potensi anak muda di Sidoarjo . Program-program tersebut di antaranya pemberian 10.000 beasiswa kuliah untuk anak muda berprestasi dan atau kurang mampu.

Selain itu, dia juga memiliki program pembangunan Sidoarjo Youth Center. Nantinya, Sidoarjo Youth Center, akan menjadi wadah berekpresi dan menggali potensi kreatif anak-anak muda Sidoarjo . (Baca juga: Sadis, Usai Bacok Istri Cantik Hingga Bersimbah Darah, Suami di Bungo Kabur )

"Peringatan hari Sumpah Pemuda menjadi momen bagi kebangkitan anak-anak muda Sidoarjo untuk menghadirkan kebaikan di berbagai bidang. Karenanya kami berkomitmen mendorong potensi anak muda Sidoarjo melalui berbagai program seperti beasiswa kuliah serta Sidoarjo Youth center," kata Gus Muhdlor.

Untuk 10.000 beasiswa kuliah, calon bupati berusia paling muda pada Pilkada 2020 ini menjelaskan, akan ada dua skema dalam penyalurannya. Skema pertama adalah dengan melakukan kerjasama resmi antara pemerintah daerah dengan lembaga pendidikan tinggi baik di Sidoarjo maupun di luar Sidoarjo . Dengan kerjasama ini nantinya seluruh biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa penerima beasiswa ditanggung pemerintah daerah.

"Dengan skema ini, semua aspek biaya perkuliahan akan ditanggung Pemkab, mulai pendaftaran sampai penerimaan hingga perkuliahan berjalan sampai lulus. Selain biaya perkuliahan, penerima beasiswa nantinya juga bisa mendapat uang saku per bulan hingga lulus kuliah," kata Gus Muhdlor yang saat ini menjabat Direktur Pendidikan Yayasan Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo .

(Baca juga: Kembali Jadi Tersangka, Habib Bahar Robek Surat Dari Polda Jabar )

Skema kedua adalah jalur prestasi. Di mana anak muda Sidoarjo yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi baik di wilayah Sidoarjo maupun luar Sidoarjo bisa mendapatkan beasiswa, meskipun kampusnya tidak menjalin kerjasama resmi dengan Pemkab. Pada skema kedua ini dana kuliah diberikan secara total dalam satu masa kuliah. Nantinya akan ada tim khusus yang mengkalkulasi kebutuhan biaya tiap penerima beasiswa yang bisa berbeda-beda jumlahnya.

"Pada skema kedua ini, mahasiswa yang ber-KTP Sidoarjo bisa mengajukan beasiswa. Jadi kampusnya bebas dipilih, bisa dimanapun, meski kampus tersebut tidak bekerja sama langsung dengan Pemkab," papar alumnus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini.

Untuk menjaring mahasiswa yang sesuai kriteria penerima beasiswa, Gus Muhdlor siap melakukan langkah jemput bola. Yakni melalui dinas terkait dan pemerintah desa yang akan diminta aktif mendata calon mahasiswa di wilayahnya yang berhak mendapatkan beasiswa.

(Baca juga: Pulang ke Rumah Mertua, Pria Asal Jakarta Tewas Gantung Diri )

Selain memberikan beasiswa, program lain pasangan calon nomor urut 2 ini adalah pembangunan Sidoarjo Youth Center, sebuah pusat pengembangan kreatifitas untuk anak-anak muda Sidoarjo .

"Disini nantinya akan dibangun infrastruktur pendukung agar anak-anak muda kreatif bisa berkarya lebih baik seperti laboratorium film, animasi dan studio fotografi," pungkas Gus Muhdlor.

(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7494 seconds (0.1#10.140)