Antisipasi Antrean Dalam Tol, GT Kalitama Ditambah 3 Pintu Arah Bandung

loading...
Antisipasi Antrean Dalam Tol, GT Kalitama Ditambah 3 Pintu Arah Bandung
Situasi di Gerbang Tol Kalitama, Purwakarta, siang ini, belum terjadi antrean meski jumlah kendaraan sempat melonjak sejak pagi tadi. Pihak pengelola tol langsung menambah tiga gerbang tol satelit ke arah Bandung untuk menghindari kepadatan arus lalu lint
PURWAKARTA - Gerbang Tol Kalihurip Utama (Kalitama) ditambah dari 9 menjadi 12 pintu untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan dari Jakarta menuju Bandungsaat libur panjangNabi Muhammad SAW. Terlebih volume kendaraan menuju Kota Kembang sudah menunjukkan peningkatan sejak pagi tadi.

Penambahan 3 gerbang itu merupakan alih fungsi yang tadinya diperuntukkan bagi kendaraan ke Jakarta. Siang ini diberlakukan sebaliknya untuk menghindari antrean kendaraan di gerbang tol. (Baca juga: Arus Lalu Lintas Tol Layang Jakarta Cikampek Arah Bandung Terpantau Padat)

Supervisor GT Kalihurip, Undang Cece Wahab, menyebutkan, dengan pengalihfungsian pintu tol tersebut jumlah tol ke Jakarta menjadi 11 pintu. Sementara untuk gerbang tol ke arah Tol Cipali hanya terdapat tiga pintu. "Kami berharap dengan penambahan pintu tol ke arah Bandung bisa meminimalisasi antrean," kata Undang kepada SINDOnews, Rabu (28/10/2020). (Baca juga: Libur Panjang Bandung Diserbu Wisatawan saat Pandemi, Ini Kata Wakil Wali Kota)

Untuk volume kendaraan dari Jakarta menuju Bansung, berdasarkan data di Gerbang Tol Kalitama, per pukul 06.25 WIB tercatat sebanyak 1.576 unit. Jumlah tersebut melonjak menjadi 9.047 unit per pukul 10.11 WIB.



Untuk arah sebaliknya yakni dari Bandung menuju Jakarta jumlahnya lebih sedikit siang ini hanya 5.664 unit. Dengan demikian kondisi lalin di Tol Cipularang mengarah Jakarta relatif lengang dan kendaraan dapat dipacu antara 80 km per jam atau lebih.
(nth)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top