Libur Long Weekend, Ini Rincian Jumlah Kursi Pemudik Kereta Api

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:30 WIB
loading...
Libur Long Weekend, Ini Rincian Jumlah Kursi Pemudik Kereta Api
Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menambah perjalanan kereta api untuk menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober 2020.

Penambahan perjalanan kereta api (KA) Menoreh pada 27 Oktober dan KA Argo Muria tanggal 1 November 2020 ini untuk mengantisipasi lonjakan jumlah konsumen.

"Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, PT KAI siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA, dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Senin (26/10/2020).

Jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang melintasi Daop 4 Semarang sebanyak 27 perjalanan KA di tambah 4 perjalanan KA produk Daop 4 Semarang, sehingga total perjalanan KA Jarak Jauh 31 perjalanan KA.

Ada beberapa KA yang pengaturan pola operasinya dijalankan pada hari hari tertentu. "KA favorit yang dapat dipesan di masa long weekend nanti di antaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, dan berbagai KA lainnya," jelas dia.

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang disediakan. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari sebagai berikut: Tanggal 27 sebanyak 17.641 tempat duduk, tanggal 28 sebanyak 14.879 tempat duduk, tanggal 29 sebanyak 13.409 tempat duduk.

Selanjutnya, tanggal 30 sebanyak 15.478 tempat duduk, tanggal 31 sebanyak 16.473 tempat duduk dan 1 November 15.391 tempat duduk. (Baca juga: Perketat Protokol Kesehatan, Polisi Jamin Keamanan Selama Libur Panjang)

Menurutnya, tiket KA long weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. (Baca juga: Hotel di Jateng Wajib Terapkan Prokes Sambut Pemudik Libur Panjang)

Untuk informasi terkait perjalanan KA pada masa long weekend selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI 121.

"KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan pada libur long weekend, seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia," terangnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)