Libur Panjang, Asita Sebut Daerah Ini Bakal Diburu Wisatawan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:45 WIB
loading...
Libur Panjang, Asita Sebut Daerah Ini Bakal Diburu Wisatawan
Asosiasi Pengusaha Perjalanan Wisata (Asita) Jawa Barat memprediksi beberapa daerah bakal banyak dikunjungi wisatawan, salah satunya Pantai Pangandaran.Foto/Okezone
A A A
BANDUNG - Asosiasi Pengusaha Perjalanan Wisata ( Asita ) Jawa Barat memprediksi beberapa daerah di Jawa Barat bakal banyak dikunjungi wisatawan pada libur panjang akhir pekan depan. Daerah tersebut diantaranya Bandung Raya, Bogor Raya seperti Puncak, Cirebonan, hingga Priangan seperti Pangandaran.

"Tempat-tempat itu diprediksi bakal banyak dikunjungi wisatawan. Bisa jadi akan ramai, tapi tidak akan sebesar kunjungan seperti sebelum pandemi COVID. Ramai, tapi tidak sampai seperti dulu," kata Ketua Asia Jabar Budijanto Herdiansyah, Minggu (25/10/2020).

(Baca juga: Gempa Dirasakan hingga Bandung, Pengunjung Pantai Pangandaran Tetap Ramai )

Menurut dia, indikasi adanya kenaikkan kunjungan wisatawan terlihat pada naiknya booking hotel di Jabar. Beberapa pengusaha hotel melaporkan adanya kenaikan okupansi. Namun untuk travel agent, tidak mencatat ada kenaikan. Karena masyarakat lebih banyak melakukan perjalanan sendiri.

Budi memprediksi, himbauan pemerintah agar masyarakat tidak melakukan perjalanan wisata ke daerah lain akan sulit dilakukan. Apalagi libur kali ini cukup panjang, mulai hari Kamis, hingga Minggu. Masyarakat akan memanfaatkannya untuk liburan dan mudik.

(Baca juga: Libur Panjang, 6 Objek Wisata di Jateng Ini Diawasi Ketat )

"Walaupun sudah membuat himbauan, tetapi kan enggak mungkin melarang masyarakat pergi-pergi. Mestinya kan kalau biar enggak pergi, jangan dibikin libur panjang. Susah gimana caranya, masa mau ditutup gerbang tolnya," beber dia.

Langkah yang bisa dilakukan pemerintah daerah adalah menghimbau agar pengelola wisata dan wisatawan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Melakukan screening di jalan jalan agar memakai masker dan menjaga jarak.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1631 seconds (11.252#12.26)