Libur Panjang, 27 Oktober Diperkirakan Pergerakan Arus Mudik

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:31 WIB
loading...
Libur Panjang, 27 Oktober Diperkirakan Pergerakan Arus Mudik
Aparat gabungan bersiaga untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik pada libur panjang 28 Oktober hingga 1 November 2020, di wilayah Jawa Tengah. (Foto/SINDOphoto/Dok)
A A A
SEMARANG - Aparat gabungan bersiaga untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik pada libur panjang 28 Oktober hingga 1 November 2020, di wilayah Jawa Tengah. Diprediksi, pergerakan masyarakat dari daerah asal akan mulai pada Selasa 27 Oktober.

Sejumlah titik yang bakal dipadati masyarakat mendapatkan perhatian lebih. Pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada hari Rabu 28 Oktober dan Jumat 30 Oktober sebagai hari libur. Sementara, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis 29 Oktober.

Kenaikan jumlah kendaraan yang masuk wilayah Jawa Tengah, diperkirakan naik 10 persen hingga 40 persen dari jumlah biasa, pada liburan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020. Untuk itu, TNI/Polri bersama Pemprov Jateng mulai persiapkan operasi pengamanan dan protokol kesehatan.


Petugas gabungan lintas sektor akan membuat posko pantau jalur dan pos bergerak di sejumlah tol maupun Jalan Pantura. Selain itu, lokasi wisata diperkirakan juga akan dipadati warga sehingga membutuhkan perhatian petugas.

"Pos pantau tersebut didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas, bilamana terjadi kenaikan jumlah kendaraan,” ujar Kabid Humas Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Sabtu (24/10/2020).

“Untuk kewilayahan kami berkoordinasi dengan kewilayahan (Polres), kita lakukan pos bergerak, nanti kita mobile," tambahnya.
BACA JUGA: Libur Panjang, Rapid Tes Bakal Diberlakukan di Gerbang Tol dan Objek Wisata Jateng

Dia mengatakan, saat libur panjang nanti diperkirakan arus lalu lintas akan meningkat karena terjadi pergerakan masyarakat. Bukan hanya warga Semarang yang hendak keluar kota, namun pemudik dari Jakarta dan Surabaya juga akan berdatangan ke berbagai daerah di Jawa Tengah.

“Libur panjang kita sudah mempersiapkan personel dalam rangka Operasi Zebra ya, diperkirakan libur panjang terjadi arus mudik ya,” pungkasnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)