Program Bali I Miss U Gelar VTS Bahas Wisata Selancar

loading...
Program Bali I Miss U Gelar VTS Bahas Wisata Selancar
Program Bali I Miss U menggelar kegiatan Virtual Talk Show membahas wisata selancar. Foto/Ist
BALI - Indonesia Negara kepulauan dengan lebih dari 13.000 pulau merupakan surga bagi para peselancar. Menjadi tujuan wisata selancardalam dan luar negeri karena air laut dan iklimnya yang tropis, didukung pemandangan yang indah, kebudayaan, peninggalan sejarah dan arkeologinya yang menarik.

Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju, Lana T Koentjoro mengatakan, ketenaran Indonesia sebagai wisata selancar semakin tumbuh karena semakin banyak tempat selancar yang fantastis ditemukan dari Aceh hingga Rote, beberapa Surf Spot terkenal terdapat di Bali, Jawa, Lombok, Mentawai, Kepulauan Panaitan, Sumatra, dan Sumbawa. (Baca juga: Bangkitkan Wisata, Program Bali I Miss U Diluncurkan)

“Olahraga selancar kini telah menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh kalangan muda sedunia sehingga mempunyai dampak positif pada masyarakat dan ekonomi setempat,” kata Lana T Koentjoro saat berbicara dalam Virtual Talk Show Program Bali I Miss U, Jumat (23/10/2020). (Baca juga: Bali Jadi Tuan Rumah Liga Selancar Dunia)

Virtual Talk Show juga diikuti Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta, Sekjen KONI Tb Ade Lukman, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Sekjen Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Tipi Jabrik, Founder Sebumi Iben Yuzenho Ismarson, Ketua KPRK dan Penggerak UMKM Tabanan Ngr Tini Rusmini Gorda, Sekjen Perbasi Nirmala Dewi, dan Prakarsa Nusantara Odi Agus Shodikin.



Menurut Lana, komunitas-komunitas selancar melahirkan gaya hidup dan menghasilkan berbagai produk turunan. Seperti musik, fashion, artis dan fotografi, majalah hingga film-film dan industri kreatif penggerak ekonomi setempat lainnya.

“Pariwisata merupakan penyerap tenaga kerja kedua di Indonesia. Sebanyak 3% dari produk domestik bruto, Bali yang sangat popular pariwisatanya menyumbang sampai dua pertiga dari ekonomi setempat,” kata Lana.

Kini, kata Lana, sejumlah daerah dapat hidup dari olahraga selancar, seperti Lakey Peak di Sumbawa, Sorake di Nias, dan Uluwatu di Bali.



Sebagai komunitas selancar, Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) telah banyak meraih keberhasilan dalam banyak acara nasional dan internasional. Setiap dua tahun Indonesia menggelar Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang merupakan ajang kejuaraan sangat bergengsi bagi peserta untuk menuju peringkat dunia.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top