Kawal Suara, Machfud-Mujiaman Siapkan 12 ribu Saksi Tangguh Maju

Selasa, 20 Oktober 2020 - 10:35 WIB
loading...
Kawal Suara, Machfud-Mujiaman Siapkan 12 ribu Saksi Tangguh Maju
Paslon Cawali-cawawali kotq Surabaya Machfud - Mujiaman. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Tim pasangan calon (paslon) nomor 2 Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU) membentuk saksi khusus untuk mengawal dan mengamankan suaranya pada 9 Desember mendatang.

Mereka akan bergerak dan bertugas di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjumlah 5.184. Ketua Tim Pemenangan Paslon 2 Gus Amik menjelaskan, jumlah saksi yang sudah dipersiapkan mencapai 12 ribu saksi.

Mereka tersebar di seluruh TPS untuk mengawal dan mengamankan suara Machfud Arifin-Mujiaman.

"Mereka bertugas khusus dan berada di dalam atau luar area TPS sebagai saksi yang mengawal dan mengamankan suara dari paslon MAJU, mulai dari sebelum coblosan sampai dengan penghitungan suara di TPS, PPS, PPK hingga tingkat Kota, mereka bertangungjawab penuh setiap jenjang tahapan penghitungan suara,” ujarnya, Selasa (20/10/2020).

Gus Amik mengatakan, para saksi yang dipilih berasal dari kader partai pengusung yang selama ini telah berjuang keras menjadi ujung tombak.

Mereka membuka komunikasi dengan masyarakat dan menggalang suara pemilih yang setiap hari bekerja tanpa ada lelah.

"Saksi ini adalah kader militan dari 8 partai pengusung karena kami memiliki 20 ribu kader yang representasi dari 8 partai pengusung," ujarnya.

Proses rekrutmen saksi ini melalui tahapan yang panjang sesuai prosedur tetap (protap). Dimana mereka harus melewati assesment, evaluasi, dan validasi. Sehingga kader yang terpilih menjadi saksi memiliki militansi, integritas, dan kemampuan yang handal.

"Saksi ini kita pilih secara objektif berdasarkan kemampuan sesuai protap. Mereka kita beri nama dengan Saksi Tangguh Maju. Saksi ini akan menjadi garda terdepan dalam mengawal dan mengamankan suara," ungkapnya.

Proses rekrutmen saksi, kata Gus Amik, sudah berjalan 30 persen lebih yang sudah tervalidasi. Akhir bulan ini akan diadakan pelatihan saksi untuk gelombang pertama. (Baca juga: Jenazah Pasien COVID-19 di Jember Disalatkan di Tengah Jalan Raya)

Pelatihan saksi ini akan dilakukan secara bertahap untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. (Baca juga: Tersinggung Lagi Mabuk Bareng, Guntur Tancapkan Pisau di Kepala Temannya)

"Pertengahan November pelatihan saksi rampung. Setelah itu semua bergerak sesuai tugas di TPS. Harapan kita saksi ini benar-benar melakukan tugas dan tanggung jawab mengawal dan mengamankan suara paslon 2. Insya Allah semua berjalan lancar dan sukses seperti harapan," tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3354 seconds (0.1#10.140)