Sambut Pengurus Baru, Kang Emil Ajak IKA Unpad Sinergi Bangun Jabar

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 19:20 WIB
loading...
Sambut Pengurus Baru, Kang Emil Ajak IKA Unpad Sinergi Bangun Jabar
Pelantikan pengurus IKA Unpad periode 2020-2024 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/10/2020). Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut pelantikan pengurus Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) periode 2020-2024. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung, hari ini, dilakukan Ketua IKA Unpad periode 2020-2024 Irawati Hermawan terhadap perwakilan pengurus dan alumni.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil yang sedang berada di Kuningan, Jawa Barat, berharap kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan IKA Unpad dapat langsung secepatnya. Gubernur yang kerap disapa Kang Emil ini mengajak IKA Unpad bersama-sama membangun Jawa Barat sebagai provinsi yang terdepan, terbaik, dan juara lahir batin.

(Infografis: Investasi di Jabar Tertinggi, Kang Emil Kalahkan Anies, Khofifah, dan Ganjar)

Sementara, Rektor Unpad Prof. Dr. Hj. Rina Indriastuti, S.E., M.SIE. melalui video menyampaikan ucapan selamat serta menyampaikan apresiasinya terhadap kepengurusan baru. "Semoga ini menjadikan semangat baru bagi Unpad, karena mulai hari ini, engagement Unpad dengan para alumni sampai dengan mahasiswa bisa ditancapkan tiangnya," ungkap Rina melalui keterangan pers IKA Unpad, Sabtu (17/10/2020).

Rektor juga berharap agar pengurus alumni dapat bersinergi menancapkan reputasi dan rekognisi akademik di tingkat internasional demi "Ngapungkeun Unpad" dan untuk memudahkan para alumni berkarier di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan pengurus IKA Unpad periode 2020-2024 yang dilakukan di Gedung Sate merupakan penghormatan kepada Jawa Barat sebagai provinsi tempat Unpad berdiri. "Gedung Sate adalah ikon Jawa Barat, yang patut disejajarkan dengan semangat yang diusung para pendiri Unpad," ujarnya.

Teh Ira - panggilan Irawati- mengatakan bahwa kepengurusan IKA Unpad ini bersifat inklusif dengan memperhatikan keterlibatan perempuan dan rekan-rekan yang berkebutuhan khusus. Sehingga kepengurusan ini terbuka bagi para alumni.

"Dalam kepengurusan ini kami sangat terbuka bagi alumni yang ingin berkiprah. Dengan jumlah keanggotaan yang lebih dari 180.000 orang, kami berharap IKA Unpad selain menjadi aset Jawa Barat yang juga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa," tuturnya.

(Baca Juga: Pemprov Jabar-IKA Unpad Sepakat Kembangkan Sektor Pertanian)

Dalam kepengurusan periode 2020-2024 ini, Teh Ira menyampaikan sejumlah program unggulan yang menjadi prioritas utama, di antaranya:

1. Jabar Feeds Indonesia Center (JAFIC). Melalui program yang dimotori alumni di bidang agro-complex, IKA Unpad akan berperan aktif dalam mewujudkan Jabar sebagai hub kebutuhan pangan Indonesia.

2. Center for Macro-economic Statistics dan Public Policy Analysis Center. Sebagai salah satu institusi intelektual utama di Jawa Barat, IKA Unpad diharapkan dapat berperan aktif dalam penyelesaian masalah bangsa, melalui sumbangan pemikiran. Untuk

3. Wakaf Qur’an dan Halal Center. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan salah satu negara berpenghasilan terbesar di antara negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI), maka IKA Unpad ingin berperan dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pusat halal dan wakaf Qur’an terbesar di dunia.

4. Endowment Fund Center. Setiap ikatan alumni terkemuka di dunia memiliki endowment fund untuk menunjang kiprah ikatan alumni dalam memajukan almamater, alumni, dan mahasiswa. IKA Unpad akan mendirikan Endowment Center untuk memfasilitasi dan menjembatani para alumni yang ingin mulang tarima kepada civitas academica maupun membantu program-program untuk memajukan alumni dan mahasiswa.

Terkait dengan itu, pada kesempatan yang sama, Irawati menyerahkan Endwonment Fund awal sebesar Rp200 juta secara simbolik kepada Direktur Kemahasiswaan & Alumni Unpad Dr. Eng. H. Boy Yoseph CSSSA, S.T., M.T.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)