Pemprov Jabar-IKA Unpad Sepakat Kembangkan Sektor Pertanian

Senin, 12 Oktober 2020 - 09:20 WIB
loading...
Pemprov Jabar-IKA Unpad Sepakat Kembangkan Sektor Pertanian
Ketua Umum IKA Unpad periode 2020-2024 dan jajaran pengurus berfoto bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil seusai pertemuan, Jumat (9/10/2020) lalu. Foto: Dok.IKA Unpad
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat dan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran ( IKA Unpad ) sepakat bekerja sama dalam pengembangan sektor pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Jabar.

Kesepakatan tersebut diperoleh dalam pertemuan antara Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Ketua Umum IKA Unpad, Irawati Hermawan dan jajaran pengurus IKA Unpad periode 2020-2024 di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jumat (9/10/2020).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengapresiasi niatan IKA Unpad untuk membantu penguatan sektor pertanian di Jabar. Kang Emil pun berhadap, kemajuan sektor pertanian di negara-negara maju dapat diterapkan di Jabar.

"Di negara-negara Eropa, ekosistem pertaniannya sudah sangat modern, sedianya bisa kita adopsi di sini," tegas Kang Emil dalam keterangan resmi, Senin (12/10/2020).(Baca juga : Perkuat UMKM, Alumni Universitas Padjajaran Dirikan Bumi Alumni )

Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga memberikan masukan kepada IKA Unpad untuk kepengurusan baru periode 2020-2024. Menurut Kang Emil, di bawah kepemimpinan Ketua Umum Irawati Hermawan, IKA Unpad harus responsif dan aktif terhadap dinamika dalam masyarakat dan negara.

"IKA Unpad sebisa mungkin responsif dan aktif terhadap dinamika dalam masyarakat dan negara. Bisa setiap bulan IKA Unpad mengeluarkan pendapat melalui pers conference," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum IKA Unpad, Irawati Hermawan menyambut positif keinginan Kang Emil untuk menguatkan sektor pertanian di Jabar. Apalagi, kata Irawati, bidang swasembada pangan menjadi salah satu fokus garapan IKA Unpad di bawah kepemimpinannya.

"Kami dalam kepengurusan ini juga memiliki beberapa center yang salah satunya akan fokus di bidang swasembada pangan, baik bidang pertanian, peternakan, dan perikanan," sebut Irawati.(Baca juga : Jadi Relawan Vaksin, Ridwan Kamil Cerita Efek yang Dirasakan )

Dalam kesempatan itu, Irawati juga meminta kesediaan Kang Emil menjadi Dewan Penasihat IKA Unpad sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IKA Unpad.

Menurutnya, ke depan, IKA Unpad dan Pemprov Jabar akan saling mendukung. Sebagai aset Jabar, kata Irawati, Unpad diharapkan juga dapat bersaing, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Selain daripada itu, IKA Unpad dan Pemprov Jabar juga diharapkan ada hal yang dapat dikerjakan bersama demi perkembangan dan kemajuan Jabar," tandasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)