Hidupkan Potensi Daerah, Babel Kembangkan Dermaga di 3 Pulau Kecil

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 10:51 WIB
loading...
Hidupkan Potensi Daerah, Babel Kembangkan Dermaga di 3 Pulau Kecil
Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama tim Dishub Babel berdiskusi soal pembangunan tiga dermaga. Foto/Humas Pemrov Babel
A A A
PANGKALPINANG - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) , segera mengembangkan tiga dermaga di tiga pulau kecil yang potensial untuk mengangkat industri pariwisata dan potensi lain di daerah tersebut.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, dalam arahannya kepada tim dari Dinas Perhubungan Pemrov Babel mengatakan, rencana pembangunan tiga dermaga tersebut masing-masing dermaga kapal di Pulau Lepar, Pongok dan Pulau Seliuk.

"Dengan pembangunan tiga titik pengembangan pelabuhan, untuk Pulau Lepar, Pongok dan Pulau Seliuk setidaknya mampu menampung kapal Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) untuk melakukan penyeberangan," terang Erzaldi, Jumat (16/10/2020).

Dengan potensi yang sangat bagus, sambungnya, mulai dari pesisir bagian selatan Pulau Bangka melewati pulau-pulau kecil hingga masuk wilayah Kabupaten Belitung yang kaya akan wisata pesisir, wilayah ini juga merupakan rencana kawasan industri, serta tambak udang yang sangat membutuhkan aktivitas pelabuhan.

"Setelah beberapa pertimbangan, dianggap perlu konektivitas yang baik untuk angkutan kapal ASDP, karena ASDP mampu memuat barang yang lebih banyak, kendaraan besar yang dapat memuat barang lebih banyak. Hal ini, akan membuka peluang-peluang ekonomi khususnya masyarakat lokal," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Erzaldi menjelaskan titik-titik yang menjadi target pembangunan pengembangan pelabuhan yang dimaksud secara detail yang mengacu pada peta Provinsi Kepulauan Babel. (Baca juga: Bangka Belitung Punya Sekolah Lansia, Materinya Bikin Opa dan Oma Bahagia)

"Saat ini, potensi atas Kawasan Industri Sadai dan tambak udang membutuhkan dukungan pelabuhan, selain itu, masih banyak potensi lain di pulau-pulau yang bisa dikembangkan seiring berjalan pembangunan fasilitas pendukungnya," katanya.

Diketahui pulau-pulau ini dihuni penduduk yang cukup banyak sehingga diharapkan ketika pembangunan konektivitas semakin baik maka, daerah-daerah ini akan segera berkembang. (Baca juga: Rangkaian HUT ke-56, Partai Golkar Gelar Lomba Baca Puisi Jurnalis se-Indonesia)

Dinas Perhubungan Babel, akan segera memulai dari pengembangan pelabuhan Pulau Seliuk dan tahapan survei di dua pulau lainnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)