Bangka Belitung Punya Sekolah Lansia, Materinya Bikin Opa dan Oma Bahagia

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 10:28 WIB
loading...
Bangka Belitung Punya Sekolah Lansia, Materinya Bikin Opa dan Oma Bahagia
Wakil Gubernur Babel, Abdul Fattah, saat meresmikan Sekolah Lansia Yayasan Madams Dara Foundation, Kamis (15/10/2020).Foto/humas Pemrov Babel
A A A
BANGKA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengapresiasi langkah Hadara Rajab, Pendiri Sekolah Lansia yang peduli terhadap kelangsungan hidup para lansia.

(Baca juga: Diduga Positif Narkoba, Kapolres Kotawaringin Barat Dicopot)

Sekolah Lansia Yayasan Madam's Dara Foundation yang terletak di Desa Cengkong Abang, Bukit Air Pinang, Kecamatan Mendo Barat tersebut, diresmikan langsung oleh Abdul Fattah pada Kamis (15/10/20). Abdul Fattah menuturkan, menjadi tua alias menjadi opa (kakek) dan oma (nenek) adalah proses yang tidak dapat dihindari dan akan terjadi pada semua manusia.

(Baca juga: Terjaring Razia Masker, Istri Jaksa di Takengon Aceh Tengah Ngamuk Marahi Petugas)

"Ketika seseorang memasuki usia lanjut, maka produktivitas kerja akan mengalami penurunan yang bisa berdampak terhadap kesehatannya serta berpotensi menderita penyakit hipertensi, osteoporosis, dan kepikunan/alzheimer. Oleh karena itu, agar tetap aktif dan melepaskan diri dari kesepian disarankan untuk bergabung di dalam komunitas," katanya.

Sekolah Lansia juga sejalan dengan salah satu program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Bina Keluarga Lansia yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan keluarga yang memiliki lansia, dan agar lansia itu sendiri untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

“Saya mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh yayasan ini karena sesuai dengan program BKKBN, tujuannya adalah para lansia akan dibiasakan lagi untuk selalu menjaga tubuhnya tetap bugar. Kemudian para lansia bisa berkomunikasi dan berinteraksi dan melepaskan rasa kesendirian dan kesepiannya,” ujarnya.

Sementara pendiri Sekolah Lansia, Hadara Rajab mengungkapkan, terdapat berbagai aktivitas yang diberikan kepada para lansia di sekolah, antara lain berternak, berkebun, dan tambak ikan, yang mana hal tersebut dilakukan apabila memiliki ketertarikan terhadap bidang tersebut.

"Tidak ada paksaan bagi para lansia untuk melakukan aktivitas tersebut sehingga, tidak ada beban dalam melaksanakannya. Tidak hanya itu, aktivitas lainnya seperti olahraga dan menyanyi juga dilakukan agar lansia memiliki jiwa dan raga yang sehat," sebutnya.

Di sekolah ini, jelas dia, terdapat tiga tingkatan pendidikan bagi para lanjut usia, yaitu pendidikan tingkat dasar bagi penduduk usia 60 hingga 69 tahun kemudian, pendidikan tingkat menengah pada usia 70 hingga 79 tahun, dan tingkat lanjut pada usia 80 tahun lebih.

“Berikanlah materi kepada para lansia yang dapat dimulai dari bagaimana menjaga tubuh tetap bugar dan mengatur emosi. Intinya dengan berkelompok dapat menghibur hati. Apabila hati senang, maka bisa menjadi sehat jiwa dan raganya,” ujarnya.

Dengan mengusung misi yang mulia, Sekolah Lansia Yayasan Madam's Dara Foundation bertujuan untuk membahagiakan lansia dan masyarakat di usia senja. Hadara Rajab, menyatakan jika ia telah melakukan observasi bahwabpara lansia membutuhkan suatu komunitas agar memiliki kualitas hidup yang baik.

“Setelah saya melakukan observasi, ternyata lansia tidak lah butuh istana atau harta yang banyak. Namun, memiliki komunitas. Saya berharap dengan adanya komunitas bagi lansia, bisa memberikan kebahagiaan,” katanya.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)