Rangkaian HUT ke-56, Partai Golkar Gelar Lomba Baca Puisi Jurnalis se-Indonesia

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 08:27 WIB
loading...
Rangkaian HUT ke-56, Partai Golkar Gelar Lomba Baca Puisi Jurnalis se-Indonesia
Rangkaian HUT ke-56, Partai Golkar Gelar Lomba Baca Puisi Jurnalis se-Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pangeran Negara, Putu Fajar Arcana, dan Baiq Mutia ditetapkan sebagai juara pertama, kedua dan ketiga dalam ajang lomba baca puisi khusus Jurnalis se-Indonesia dalam rangka HUT Partai Golkar ke-56 .

Sedangkan pemenang harapan satu, dua dan tiga adalah Dheni Kurnia, Ramon Damora dan Sabrina Fadilah Az-Zahra.

Keenam pemenang tersebut terpilih menjadi yang terbaik, setelah secara estetika bertarung dengan 30 peserta dari seluruh Indonesia.

Yang masing-masing peserta mengirimkan dua rekaman sajak yang dibawakan. Yaitu sajak wajib milik penyair Chairil Anwar, WS. Rendra, Sutardji Calzoum Bachri, Taufik Ismail dan Sapardi Djoko Damono. Dan Puisi bebas milik siapapun, juga karya sendiri.

Ajang yang berpuncak Auditorium Abdul Muis, Gedung DPR, RI, Jakarta, sebagaimana dijelaskan anggota Dewan Juri yang terdiri dari Sutardji Calzoum Bachri, Lola Amaria, Wina Armada Sukardi, dan

Lomba yang telah digulirkan sejak beberapa minggu lalu itu, paling banyak diikuti sejumlah penyair cum wartawan dari Sumatera. Teristimewa dari Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Palembang, dan Riau. Sisanya dari Sulawesi Tenggara hingga Makassar. Sisanya dari Jatim, Jateng dan DKI Jakarta.

Lola Amaria dalam catatan Anggota Dewan Juri mejelaskan, ada kecenderungan dan sayangnya, diam-diam menjadi kesadaran publik, dewasa ini membaca sajak biasanya dilakukan dengan dramatisasi yang berlebihan.

Akibatnya, pembacaan sajak justru menjadi artifisial, berlebihan (lebai) dan menjadi tidak wajar. Karena banyak yang membaca sajak dengan cara marah-marah.

"Hal ini menjadi makin memprihatinkan, karena pembaca sajak justru seperti kehilangan orientasi atas sajak yang dibawakannya," kata Lola Amaria.

Wakil Ketua Umum Korbid Komunikasi dan Informasi Partai Golkar Nurul Arifin, dalam sambutannya mengaku terkejut dengan animo masyarakat, teristimewa sejumlah penyair di ajang yang kali pertama bergulir ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4637 seconds (0.1#10.140)