Perkuat Teknologi Gojek SHIELD untuk Lindungi Mitra dari Kejahatan Siber

Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:43 WIB
loading...
Perkuat Teknologi Gojek SHIELD untuk Lindungi Mitra dari Kejahatan Siber
Gojek SHIELD merupakan teknologi keamanan yang menjamin keamanan pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku masyarakat menjadi pengguna aktif internet. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan, penggunaan internet meningkat 40%. Akses yang biasanya didominasi dari kawasan perkantoran kini didominasi dari kawasan pemukiman.

Namun, tingkat penggunaan internet tersebut tidak seimbang dengan pengetahuan mengenai cara beraktivitas daring yang aman. Centre for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) mencatat kejahatan siber termasuk penipuan rekayasa sosial juga meningkat terutama menyasar pembelanjaan barang medis dan kebutuhan sehari-hari.

(Baca juga: Mengaspal di Jatim, Ini Harga Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition )

Adjunct Researcher CfDS UGM Ir Tony Seno Hartono, M. Ikom menjelaskan, pengetahuan yang minim mengenai keamanan daring, memperbesar potensi kejahatan penipuan berteknik memanipulasi psikologis (magis). Teknik ini sifatnya sederhana, tidak perlu meretas sistem namun dampaknya luar biasa. “Kami mengamati selama masa pandemi penipuan jenis ini tetap ada dan cenderung meningkat,” katanya, Rabu (14/10/2020).

Teknik manipulasi psikologis, kata Tony, merupakan teknik lama yang menyasar pengguna yang kurang waspada dalam bertransaksi daring. Caranya, dengan memancing korban untuk memberikan informasi pribadi seperti nomor rekening, nomor kartu ATM bahkan sampai password dan nama ibu kandung.

“Umumnya pelaku menggunakan iming-iming atau mengatasnamakan lembaga resmi. Sekarang mereka biasanya mengatasnamakan aplikasi tertentu atau lembaga tertentu, kalau dulu modusnya mama minta pulsa atau saudara sedang sakit,” ungkapnya.

(Baca juga: Terobosan Pandemi, Pemkab Blitar Perluas Pasar Telur ke Indonesia Timur )

Menyikapi hal tersebut, Senior Vice President IT Governance, Risk & Compliance, GoPay, Genesha Saputra mengatakan, Gojek sebagai super-app dengan pengguna terbanyak di Indonesia memastikan keamanan sistemnya tetap terjaga.

Melalui inisiatif #AmanBersamaGojek yang diluncurkan Februari lalu, perusahaan terus menggencarkan edukasi, meningkatkan keandalan sistem teknologi, dan proteksi Jaminan Saldo GoPay Kembali. “Kami tegaskan bahwa, keamanan ekosistem Gojek akan terus diperkuat,” terangnya.

Sistem keamanan tersebut, kata dia, adalah Gojek SHIELD. Ini merupakan teknologi keamanan yang menjamin keamanan pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek. Gojek SHIELD diaplikasikan di seluruh aplikasi untuk konsumen, merchant dan mitra driver.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)