Gandeng Pemkab Sampang, HCML Perkuat UMKM Warga Mandangin

Rabu, 14 Oktober 2020 - 06:50 WIB
loading...
Gandeng Pemkab Sampang, HCML Perkuat UMKM Warga Mandangin
Husky CNOOC Madura Limited (HCML) menggandeng tenaga konsultan bisnis dan Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sampang. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Husky CNOOC Madura Limited (HCML) menggandeng tenaga konsultan bisnis dan Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sampang , untuk memberi pelatihan dan bantuan peralatan usaha pada warga di kepulauan Desa Mandangin, Kecamatan Sampang , Kabupaten Sampang , melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

(Baca juga: Polres Pasaman Gagalkan Pengiriman 100 Paket Ganja Kering )

Ada dua kegiatan pelatihan. Diantaranya, pembekalan pengetahuan tentang mekanik terhadap pemuda Mandangin. Pelatihan diperuntukkan bagi 30 UKM untuk meningkatkan hasil produksi olahan makanan termasuk pengemasan dan pemasaran.

Tak hanya itu, HCML juga membangun jalan akses untuk memudahkan aktivitas nelayan hingga pembangunan Mushola. "Kami mewakili warga Desa Mandangin mengucapkan terima kasih kepada HCML yang perduli dan memperhatikan kebutuhan masyarakat ," kata Kepala Desa Desa Mandangin, Saiful Anam, Selasa (13/10/2020).

Saiful mengatakan, UKM di Mandangin memproduksi olahan makanan dan pengemasan secara tradisional. Ternyata mereka hanya mampu menjangkau penjualan di wilayah setempat. Pasca pelatihan oleh tenaga ahli dan konsultan bisnis, hasil produksi olahan makanan UKM pulau Mandangin bisa bersaing di pasar bebas. " Pembekalan keterampilan mekanik kepada sejumlah pemuda Desa Mandangin juga bisa meningkatkan tambahan pendapatan di luar hasil nelayan," imbuhnya.

(Baca juga: Foto Mantan Fotografer Persebaya Dipakai Eri Cahyadi Tanpa Izin )

HCML, kata dia, tidak hanya mendatangkan tenaga pengajar, melainkan juga membantu peralatan usaha mekanik untuk dikembangkan oleh sekelompok pemuda yang menyukai dunia montir. "Keberadaan HCML untuk masyarakat Mandangin sangat bermanfaat. Perusahaan migas tersebut cukup memberikan warna baru di bidang usaha maupun peningkatan infrastruktur di desa kami," kata Syaiful.

Manager Regional Office HCML, Hamim Tohari mengatakan, program pemberdayaan masyarakat kepada warga Pulau Mandangin ini merupakan bentuk tanggungjawab dan komitmen perusahaan kepada warga terdampak melalui Corporate Social Responsibility (CSR). "Mudah-mudahan keberadaan HCML bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan warga pulau Mandangin," tandasnya.

(Baca juga: Pelaku Begal Payudara Mahasiswi Dibekuk Polsek Percut Sei Tuan )

Sementara itu, Ketua Pemuda Mandangin Bersatu, Agus Wedi mengatakan, PPM dari HCML memang berdampak positif terhadap masyarakat Desa Pulau Mandangin. PPM HCML dialokasikan dalam bentuk program pendidikan, peningkatan ekonomi dan kesehatan. Selain itu, juga untuk peningkatan infrastruktur desa. "Program tersebut kami harapkan mampu membantu kesejahteraan perekonomian masyarakat desa Pulau Mandangin," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)