Operasi Yustisi COVID-19, Bupati Masih Temukan Warga Tak Bermasker

Selasa, 13 Oktober 2020 - 19:24 WIB
loading...
Operasi Yustisi COVID-19, Bupati Masih Temukan Warga Tak Bermasker
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menegur warga secara lisan yang kedapatan tidak memakai masker dalam operasi yustisi penegakan protokol kesehatan COVID-19 di Lembang, Selasa (13/10/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki dan Dandim 0609/Cimahi Letkol Kav Tody Wahyudi menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

Razia gabungan ini dilakukan di kawasan Alun-alun Lembang dengan menyasar warga masyarakat serta pengguna kendaraan bermotor baik roda dua ataupun empat, khususnya yang tidak mengenakan masker. (Baca: Angka Kesembuhan COVID-19 Naik, Zona KBB Bergeser dari Merah ke Oranye)

"Operasi yustisi gabungan ini untuk lebih meningkatkan kedisiplinan masyarakat. Mereka harus sudah sadar untuk memakai masker saat beraktivitas ke luar rumah," kata Aa Umbara di sela kegiatan, Selasa (13/10/2020).

Bupati meminta masyarakat tetap patuh pada anjuran pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan usai beraktivitas, dan menjaga jarak untuk menghindari kerumunan. Sebab dengan metode seperti itu maka penyebaran COVID-19 bisa diminimalisasi.

Untuk itu, saat razia gabungan dirinya meminta warga yang tidak mengenakan masker untuk dicatat datanya oleh petugas lalu diberi masker untuk dipakai. Pencatatan biodata untuk traking dan juga sebagai base data, sehingga ketika yang bersangkutan terus melanggar maka akan ketahuan dan bisa diberi sangsi karena dianggap tidak patuh.

"Sekarang sanksinya masih teguran lisan, tapi kalau masih membandel bisa diberi sanksi sosial. Secara keseluruhan, saya melihat kesadaran masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19 sudah meningkat," tuturnya. (Baca: PSBB Bandung Barat Dinilai Gagal, Bupati Diminta Evaluasi Ketua Harian Gugus Tugas)

Dia pun meminta agar kedisiplinan terus dijaga meski KBB kini sudah kembali ke zona oranye dari asalnya merah. Itu artinya risiko penularan COVID-19 kategorinya sedang. Protokol kesehatan ini harus terus disosialisasikan supaya KBB bisa menjadi zona hijau, yang selama ini belum pernah tercapai.

"Sekarang kan sudah zona oranye, targetnya harus zona hijau karena semua kecamatan khususnya di selatan sudah hijau. Tinggal di Padalarang yang masih ada kasus dan itupun hanya di satu desa," ujarnya.

Foto : Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menegur warga secara lisan yang kedapatan tidak memakai masker dalam operasi yustisi penegakan protokol kesehatan COVID-19 di Lembang, Selasa (13/10/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)