Dewan Setuju Supadi Gantikan Anak Mbah Maimoen Jadi Ketua DPRD Rembang

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 16:15 WIB
loading...
Dewan Setuju Supadi Gantikan Anak Mbah Maimoen Jadi Ketua DPRD Rembang
Politisi PPP Kabupaten Rembang Supadi, gantikan anak Mbah Maimoen jadi ketua DPRD Rembang.Foto/iNews/Musyafa Musa
A A A
REMBANG - DPRD Kabupaten Rembang setuju Supadi menggantikan posisi Majid Kamil Maimoen Zubair sebagai ketua dewan. Supadi yang berusia 53 tahun itu, kader partai PPP sama seperti almarhum Majid Kamil anak almarhum Mbah Maimoen atau KH Maimoen Zubair.

(Baca juga: Heboh 2 Anggota DPRD Pekalongan Bagi-bagi Uang di Tengah Demo Ratusan Buruh)

Majid Kamil Maimoen Zubair meninggal dunia pada hari Minggu, 12 Juli 2020 lalu, posisinya sebagai Ketua DPRD. Pemberhentian Majid Kamil dan usulan pengangkatan Supadi sebagai Ketua DPRD hingga tahun 2024, digelar melalui rapat paripurna di gedung DPRD Rembang, Jumat (9/10/2020).

(Baca juga: Beredar Video Pelempar Molotov Cafe Legian Malioboro hingga Terbakar)

Saat Pemilu Legislatif 2019, Supadi merupakan Caleg PPP, masih satu daerah pemilihan dengan Alm. Majid Kamil, di wilayah Kecamatan Sarang dan Kecamatan Sedan. Di daerah pemilihan tersebut, Supadi memperoleh suara terbanyak. Kala itu meraup 5.760 suara.

Pimpinan rapat paripurna, Pelaksana Tugas (PLT) Ketua DPRD Bisri Cholil Laquf menyampaikan, berdasarkan tata tertib DPRD, pengganti pimpinan DPRD yang berhenti berasal dari partai politik yang sama dengan pimpinan DPRD yang berhenti. Kemudian calon penggantinya diusulkan oleh pimpinan partai politik, untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan ditetapkan dengan keputusan DPRD.

Berdasarkan surat dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPP, Supadi yang diusulkan untuk menggantikan Majid Kamil.

“Apakah pemberhentian Majid Kamil dan usul pengangkatan Supadi sebagai Ketua DPRD dapat disetujui ?,“ kata Laquf disambut ucapan setuju oleh 34 anggota DPRD yang hadir.

Bisri Cholil Laquf menambahkan setelah disetujui, maka pengangkatan Supadi akan ditetapkan dalam keputusan DPRD, untuk peresmiannya diusulkan kepada Gubernur Jawa Tengah, melalui PJS Bupati Rembang.

Sementara itu, Supadi membeberkan semula DPC PPP mengusulkan 5 nama ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPP, untuk seleksi Ketua DPRD. Namun belakangan anggota Fraksi PPP di DPRD diusulkan semua, mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Hotel Tentrem Semarang. Akhirnya ia terpilih untuk menempati jabatan Ketua DPRD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)