Terapkan Protokol Kesehatan, Sumbar Siap Sukseskan Gelaran MTQ 2020

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 15:54 WIB
loading...
Terapkan Protokol Kesehatan, Sumbar Siap Sukseskan Gelaran MTQ 2020
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno (kiri) menyatakan Sumbar Siap Sukseskan Gelaran MTQ 2020. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, menegaskan Pemprov Sumbar siap menjadi tuan rumah MTQ Nasional Ke-28 yang akan digelar pada 12-21 November 2020 di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman.

Irwan menjelaskan, terpilihnya Sumbar merupakan amanah dari Kementerian Agama (Kemenang) RI, yang agendanya berlangsung setiap dua tahun sekali yang tempatnya berganti-ganti dari provinsi ke provinsi.

"Pada tahun 2018 MTQ ke-27 di Medan, kami diberi SK oleh Menteri Agama untuk menyelenggarakan MTQ yang ke-28. Putusan ini tentunya juga berdasarkan seleksi ketat dengan berbagai pertimbangan," katanya kepada SINDOnews, saat berkunjung ke redaksi Inews di Jakarta, Jumat, (10/9/2020).

Irwan melanjutkan, terpilihnya Sumbar, setelah sebanyak 45 provinsi mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-28.

Namun demikian, kata dia, setelah tim Kemenag melakukan survei dan penilaian ke setiap provinsi yang mengajukan dengan berbagai indikator, seperti kesiapan tempat acara, hotel, anggaran, fasilitas pendukung dan lainnya. Akhirnya, Sumbar terpilih menjadi tuan rumah karena dianggap memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk agenda dua tahun tersebut.

"Saat penunjukkan di tahun 2018, kondisinya saat itu belum pandemi seperti ini. Namun, apapun kondisinya kami siap melaksanakan amanah yang diberikan untuk menggelar dan mensukseskan agenda MTQ Nasional ke-28 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tegas Irwan. (Baca juga: Pulang Kerja, Petugas Gereja di Intan Jaya Papua Ditembak Orang Tak Dikenal)

Nantinya, kata Irwan, semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut wajib melakukan swab tes untuk memutus rantai COVID-19 sekaligus mencegah munculnya cluster baru. (Baca juga: Evaluasi Program Pembangunan, Pemkab Lamandau Gelar Rakordal III 2020)

"Siapapun yang terlibat wajib swab tes, mulai dari sopir, panitia, peserta dan juri. Kami ingin semua panitia, peserta, dan tamu undangan yang hadir terhindar dari COVID-19 sehingga semuanya berjalan aman, lancar dan sesuai harapan," tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)