Pengaruh PDIP dan Risma Bisa Sumbang Kemenangan Eri-Armuji di Surabaya

Kamis, 08 Oktober 2020 - 09:47 WIB
loading...
Pengaruh PDIP dan Risma Bisa Sumbang Kemenangan Eri-Armuji di Surabaya
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut satu Eri Cahyadi-Armuji dinilai memiliki peluang besar untuk menjadi pemenang di Pilkada Surabaya 9 Desember mendatang. (Ist)
A A A
SURABAYA - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut satu Eri Cahyadi-Armuji dinilai memiliki peluang besar untuk menjadi pemenang di Pilkada Surabaya 9 Desember mendatang.

Pengamat politik Universitas Airlangga Kacung Marijan mengatakan, ada dua variabel yang bisa menyumbang kemenangan mantan Kepala Bappeko Surabaya dan Mantan Ketua DPRD Kota Surabaya itu. Variabel pertama adalah dukungan PDI Perjuangan (PDIP) yang memiliki basis massa besar di Kota Pahlawan.

Menurut Kacung, pemilih PDIP sudah sangat mengakar di Kota Surabaya. Terlebih PDIP sudah teruji jadi pemenang dalam tiga gelaran Pilwali, mulai 2005, 2010, dan 2015. Saat itu, PDIP bisa melahap habis lawan-lawannya.

“Akar rumput PDI Perjuangan itu potensinya besar sekali. Dukungan pemilih yang loyal seperti ini, kalau dimanfaatkan secara baik memiliki potensi untuk tetap mempertahankan dominasi kemenangan,” kata Kacung, Rabu (7/10/2020).

Selain variabel PDIP, pasangan Eri-Armuji juga diuntungkan dengan adanya dukungan dari Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Terlebih Risma secara terbuka mengatakan bahwa Eri adalah penerusnya dalam pembangunan Kota Surabaya.

Maka dari itu, menurut Kacung, dua variabel tersebut bisa menjadi kekuatan tak terbendung Eri-Armuji. Apalagi di Kota Surabaya masih banyak warga yang cinta dan senang dengan kinerja Risma. Ceruk pemilih itu tidak mau Surabaya dipimpin oleh walikota yang tidak selaras dengan Risma. (Baca: Tabrak Makam, Pengemudi Panther di Tulungagung Tewas).

“Faktor Risma yang dicintai banyak warga Surabaya juga sangat penting. Peluang Eri-Armuji untuk menang itu potensinya besar sekali,” kata Kacung.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3838 seconds (0.1#10.140)