Kemarau, Warga Perbaiki Saluran Irigasi agar Hasil Panen Lebih Baik

loading...
Kemarau, Warga Perbaiki Saluran Irigasi agar Hasil Panen Lebih Baik
Kemarau, Warga Perbaiki Saluran Irigasi agar Hasil Panen Lebih Baik. Foto/Ist
PEKALONGAN - Musim kemarau seperti sekarang, lahan sawah banyak terbengkelai karena tak ada air. Sawah sangat bergantung dengan aliran dari irigasi dan hujan sehingga saat seperti sekarang tak bisa ditanami karena kering.

Selama menunggu masa tanam, para petani di Desa Blimbing Wuluh Sragi, Pekalongan, bergotong-royong membuat saluran irigasi untuk sawahnya.

Irigasi diperbaikai saat musim kemarau, agar tidak mengganggu masa tanam juga pengairan sawah.
Perbaikan saluran ini dilakukan agar air bisa mengairi sawah dengan baik dan hasil panen menjadi lebih bagus.

Biaya perbaikan saluran ini berasal gotong -royong warga dibantu dari aspirasi dewan sebesar Rp185 juta. Panjang saluran yang diperbaiki sekitar 200 meter, untuk sekitar 15 hektare lahan sawah.



Candra Saputra, anggota DPRD Pekalongan menyebutkan pihaknya membantu kalangan petani di daerah ini agar hasilnya semakin baik.

"Daerah ini merupakan lumbung padi sehingga harus mendapat penanganan maksimal terutama soal pengairan atau irigasi. Kami mendapatkan laporan dan permintaan dari petani agar saluran irigasi diperbaiki, sehingga kami turun untuk membantu," jelasnya, Senin (5/10/2020)

Kalangan petani mengaku senang dengan saluran yang diperbaiki. "Kami senang dan berterima kasih karena irigasi diperbaiki. Semoga hasil panen menjadi lebih baik," jelas Mustofa petani setempat. (Baca juga: Buruh di Jawa Tengah Kecam Pengesahan RUU Cipta Kerja)



Hasil padi daerah ini cukup bagus mencapai sekitar 8–10 ton perhektarenya, setiap tahun baru bisa dua kali tanam. Untuk saat ini baru sebesar 15 hektare yang diperbaiki. (Baca juga: Empat SMP di Rembang Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah)

"Kami berharap semua saluran irigasi bisa perbaiki sehingga petani lebih mudah dalam pengairan. Dengan perbaikan irigasi dan pengairan bagus, bahkan bisa tiga kali dan menambah kesejahteraan petani," jelas Riyanto, Kades Blimbing Wuluh.
(boy)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top