Menteri Pertanian Dorong Produksi Pertanian Halmahera Utara Lebih Maju

Senin, 05 Oktober 2020 - 00:17 WIB
loading...
Menteri Pertanian Dorong Produksi Pertanian Halmahera Utara Lebih Maju
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melakukan kunjungan kerja ke Halmahera Utara, Minggu (4/10/2020).Foto/iNews/Ismail Sangaji
A A A
HALMAHERA UTARA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Pulau Buru Maluku, Maluku Utara, Minggu (04/10/2020). Mentan SYL melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di SP 3 Desa Margo Mulyo, Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara.

(Baca juga: 15 Tahun Mangkrak, Gubernur Sumsel Herman Deru Tuntaskan Jembatan Rantau Bayur)

Mentan SYL melihat langsung tanam padi dan panen dengan mekanisasi. SYL memastikan petani tetap bekerja, mengingat pangan menjadi salah satu sumber kekuatan negara yang mendasar, karenanya harus dikawal dengan baik.

(Baca juga: Sebelum Positif COVID-19 Lalu Meninggal, Bupati Bangka Tengah Kunker ke Yogyakarta)

"Pertanian tidak pernah mengingkari janji, kita hadir untuk memastikan segalanya berjalan baik. Halmahera Utara adalah daerah yang sangat bagus yang dikaruniai Tuhan. Jaminan pangan dari potensi daerah ini, apalagi di saat Covid seperti ini" ucap Mentan SYL.

Dia menilai, menilai potensi ini mampu menjadi sentra produsen padi di Provinsi Maluku Utara. Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Rizal Ismail menyebutkan Maluku Utara menjalankan dua program strategis pertanian, yaitu Program Maluku Utara Menanam, dan Gerakan Orientasi Ekspor Untuk Rakyat Sejahtera.

"Program ini turunan dari Program Gratieks, dan Grasida. Tahun depan kita akan usahakan target mendorong kelapa, pala dan cengkeh" ujar Rizal.

Dia melanjutkan, terdapat 5.600 ton pala per tahunnya dan kelapa 233.000 ton. Jika produksi komoditas tersebut dibenahi, akan dapat memenuhi orientasi ekspor komoditas pertanian dari Maluku Utara.

Maluku Utara sendiri mendapatkan total bantuan senilai Rp42,41 miliar yang teralokasikan pada sub sektor tanaman pangan, prasarana dan sarana pertanian, perkebunan, dan hortikultura. Sedangkan untuk Kabupaten Halmahera Utara mendapatkan bantuan sebanyak Rp9,31 miliar.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)