Jalan Tol Rampung, Manado ke Bitung Cuma 30 Menit

loading...
Jalan Tol Rampung, Manado ke Bitung Cuma 30 Menit
Presiden Joko Widodo meresmikan ruas tol Manado-Danowudu secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, kemarin. Foto/Humas Pemprov Sulut
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Manado-Bitung sepanjang 40 km.

“Alhamdulillah jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km sudah selesai. Sudah rampung. Dan, sekarang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat. Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 km,” kata Jokowi saat meresmikan tol secara virtual kemarin. (Baca: Penyebab rezeki Tidak Lancar dan Penawarnya)

Jokowi menyebut bahwa gerbang tol ini sangat dekat dengan Bandara Sam Ratulangi Sulawesi Utara. Hal ini akan semakin memudahkan akses. “Gerbang tolnya hanya 9 km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi, jadi sangat dekat sekali,” tuturnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, jika tol Manado-Bitung selesai dibangun, dapat memangkas waktu tempuh. Masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya melalui jalan tol ini waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat. “Yang dulu ditempuh 1,5 jam, sekarang hanya setengah jam. Ini sebuah perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali,” ungkapnya. (Baca juga: Saatnya Menjadi Tuan Rumah Industri Halal)



Menurutnya, pembangunan tol ini akan semakin menunjang pemerintah daerah di Sulut mengembangkan potensinya. Mulai industri perikanan, perkebunan, pertanian, dan pariwisata. “Pengembangan sektor-sektor itu sangat memerlukan dukungan infrastruktur, termasuk di dalamnya adalah jalan tol. Jalan tol Manado-Bitung juga dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri, terintegrasi dengan kawasan pariwisata di Sulut sehingga akan mempercepat akses, menjadi lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal dan lebih mudah dikembangkan,” paparnya.

Dia mengungkapkan, dengan ada jalan tol ini, maka biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung bisa ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien. Daya saing juga otomatis akan meningkat. (Lihat videonya: Habiskan 300 M, Proyek Kota Baru Lampung Kini Jadi Kota Mati)

Nilai investasi pembangunan jalan tol Manado-Bitung mencapai Rp5,12 triliun. Untuk ruas Manado-Airmadidi sepanjang 15 kilometer didanai oleh APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sedangkan ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dilaksanakan oleh PT Jasa Marga dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). (Cahya Sumirat/Dita Angga)
(ysw)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top