Awas, Kekeringan Akibat Musim Kemarau Landa Wilayah Sumba Timur

loading...
Awas, Kekeringan Akibat Musim Kemarau Landa Wilayah Sumba Timur
Kekeringan akibat musim kemarau melanda sejumlah wilayah Kabupaten Sumba Timur, NTT. Foto/iNews/Dionisius Umbu Ana Lodu
SUMBA TIMUR - Kekeringan yang terjadi sebagai dampak musim kemarau yang terjadi pada sejumlah wilayah di Kabupaten Sumba Timur , NTT, diperkirakan masih akan terus terjadi hingga beberapa bulan ke depan.

(Baca juga: Pemuda Mandala Trikora: Penembakan Pendeta Yeremia Propaganda KKB )

Diprediksikan oleh forecaster (prakirawan) Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda, Waingapu, awal musim hujan baru akan terjadi pada dasarian dua atau pertengahan hingga menjelang akhir bulan Desember mendatang. Sejumlah wilayah di Kabupaten Sumba Timur , juga berstatus awas kekeringan atau kemarau.

Dijelaskan Elias Limahelu, Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda, Waingapu, kekeringan meteorolgis dengan status awas berpotensi terjadi pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Sumba Timur .



Dijelaskannya, kekeringan meteorologis atau hari tanpa hujan sebagai indikatornya adalah, jika lebih lama dari 21 hari tanpa hujan artinya berstatus siaga, kemudian jika lebih dari 31 hari dinyatakan waspada, dan lebih dari 61 hari dianyatakan awas.

(Baca juga: 4 Pesawat Sukhoi Siaga Tempur di Lanud Iswahjudi, Ada Apa? )

"Untuk Sumba Timur sendiri beberapa wilayah seperti Kecamatan Haharu, Kanantang, dan juga Ewaingapu, kategori awas. Juga pada Kecamatan Pahunga Lodu, Umalulu, dan wulla Waijellu," tandas Elias.



Awas, Kekeringan Akibat Musim Kemarau Landa Wilayah Sumba Timur
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top