Minggu Kedua Ramadhan, Persediaan Darah PMI Gresik Aman

Selasa, 05 Mei 2020 - 13:32 WIB
loading...
Minggu Kedua Ramadhan, Persediaan Darah PMI Gresik Aman
Seorang pendonor sedang menjalani proses donor dalam Ramadhan ini. Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Memasuki minggu kedua Ramadhan persediaan darah di PMI Gresik aman. Pasalnya, masyarakat Kota Santri mulai aktif melakukan aksi donor darah meski dalam kondisi puasa.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Gresik, Jufrita menjelaskan, awal pandemi COVID-19 jumlah pendonor menurun drastis. Sekarang, pendonor sudah mulai aktif kembali. Meski di tengah ancaman virus corona.

"Selain itu, meski Ramadhan para pendonor tidak kawatir mendonorkan darahnya, mereka tetap aktif melakukan aksi donor darah," ungkapnya, Selasa (5/5/2020).

Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menurutnya tidak berdampak signifikan, terhadap partisipasi para pendonor. Aktifnya kembali para pendonor membuat persediaan darah masih aman.

Permintaan darah di seluruh Rumah Sakit (RS) wilayah Kota Pudak masih tepenuhi. Bahkan, permintaan dari Rumah Sakit (RS) luar Gresik terlayani. Sampai saat ini belum ada kelangkaan.

"Dalam sehari rata-rata kebutuhannya hanya 100 kantong. Alhamdulillah beberapa permintaan dari rumah sakit luar gresik juga kita penuhi," kata Jufrita.

Dijelaskan, para pendonor sudah aktif kembali. Beberapa perusahaan besar juga mulai mengadakan kegiatan donor darah. Sehingga dipastikan tidak akan ada kekurangan stok darah.

"Persediaan darah per hari kemarin masih 578 kantong. Kita menyesuaikan kebutuhan saja. Karena usia darah hanya bertahan 30 hari," imbuhnya.

Jufrita mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Proses pengambilan darah oleh petugas tetap menggunakan protokol penanganan COVID-19. "Usai mendonor, mereka mendapatkan bingkisan," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)