Unik, Bayi Kembar Ini Masing-masing Memiliki 12 Jari Kaki

Sabtu, 26 September 2020 - 13:42 WIB
loading...
Unik, Bayi Kembar Ini Masing-masing Memiliki 12 Jari Kaki
Bayi kembar di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki Keunikan. Dimana kaki bayi kembar identik berusia empat bulan ini masing-masing memiliki 12 jari kaki. iNews/Eba
A A A
BAUBAU - Bayi kembar di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki Keunikan. Dimana kaki bayi kembar identik berusia empat bulan ini masing-masing memiliki 12 jari kaki.

Jika dilihat sepintas kedua bayi ini terlihat seperti anak pada umumnya, namun siapa sangka ternyata bayi kembar identik ini lahir dengan 12 jari kaki.

Bayi kembar laki-laki tersebut lahir dari pasangan Munia dan La Udi Jami, warga Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Persalinannya pun dibantu oleh dukun kampung. Keduanya diberi nama Wahyu dan Wahid. Awal lahir, keluarga tidak ada yang menyadari jika kedua bayi mempunyai kelebihan jari di kakinya.

Hal ini disadari oleh saudara ipar Munia. "Pertama kali yang melihat kelainan pada kedua putra kembar saya adalah ipar saya. Saya sempat kagek, namun bersyukur bayi kembarnya lahir dengan selamat dan tidak mempersoalkan kondisi tersebut," ujar Munia.

Sementara itu, dokter Aminuddin Aumane, selaku spesialis anak di Kota Baubau mengatatakan kondisi yang dialami oleh bayi kembar identik ini disebut polydactyly, dimana anak memiliki jari tambahan.

Hal itu kata Aminuddin bisa terjadi karena turunan dari orang tuanya atau bisa juga pada waktu proses pembentukan organ tubuh dalam kandungan terjadi sesuatu yang mengganggu dan bermutasi pada gen bayi. (Baca: Miris, Buruh Bangunan di Wajo Tega Cabuli Anak Tirinya).

"Kelarihan bayi seperti ini hanya ada 1 dari 1.000 anak yang lahir dengan kondisi serupa. Penyebab polydactyly bisa karena makanan, gelombang elektromagnetik serta perkembangbiakan virus.
Hal itu merupakan kelainan genetik, namun kelainan itu tidak akan berdampak signifikan pada kesehatan fisik," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5551 seconds (0.1#10.140)