Besok PWI DIY Gelar Suksesi Kepengurusan

Jum'at, 25 September 2020 - 22:51 WIB
loading...
Besok PWI DIY Gelar Suksesi Kepengurusan
Ketua PWI DIY periode 2015-2020, Drs Sihono HT MSi menyerahkan palu sidang kepada Ketua sidang Konferensi Provinsi PWI DIY 2020. FOTO : IST
A A A
YOGYAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY menggelar Konferensi Provinsi/ Daerah (Konferda) 2020. Jumat (25/9/2020) hari ini konferda membahas tata tertib dan laporan pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus PWI DIY 2015-2020.

Sedangkan hari kedua, Sabtu (26/9/2020) agendanya adalah pemilihan langsung Ketua PWI DIY periode 2020-2025, formatur dan Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD).

Ketua Panitia Konferda PWI DIY , Hudono mengatakan, pemilihan Ketua PWI DIY periode 2020-2025, formatur dan Ketua DKD akan dilakukan secara langsung di lokasi konferda yaitu Kantor PWI DIY. Anggota biasa yang memiliki hak suara, tercatat ada 132 anggota.

"Tadi sudah laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2015-2020. Dan langsung besok pemilihan Ketua PWI DIY," terangnya kepada wartawan Jumat (25/9/2020).(Baca juga : 360 Tenaga Kesehatan di DIY Positif COVID-19 )

Dijelaskannya untuk bisa dipilih menjadi Ketua PWI DIY harus memenuhi beberapa persyaratan. Adapun syarat sebagai calon Ketua PWI DIY periode 2020-2025 (sesuai PDPRT PWI Tahun 2019) yakni sudah menjadi anggota biasa sekurang-kurangnya tiga tahun, pernah menjadi pengurus PWI pusat atau PWI provinsi atau PWI kabupaten/kota dan bersertifikat wartawan utama.

"Sementara untuk dapat dipilih menjadi anggota Dewan Kehormatan Daerah/Provinsi harus bersertifikat wartawan utama, telah menjadi anggota biasa sekurang-kurangnya lima tahun dan berusia sekurang-kurangnya 40 tahun," ulasnya.(Baca juga : Konferprov Tak Penuhi Kuorum, Calon Ketua PWI Jateng Walk Out )

Dilanjutkannya dalam Konferda PWI DIY 2020 ini, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti peserta yang hadir dicek suhu tubuhnya, pakai masker dan cuci tangan.

Konferda PWI DIY ini dibuka secara daring oleh Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari. Dalam sambutannya, Atal S Depari mengucapkan selamat berkonferensi kepada seluruh pengurus dan anggota PWI DIY seraya mendoakan supaya konferda berjalan lancar dan sukses.

"Tantangan pers ke depan akan semakin besar. Dari segi bisnis sudah terasa pahit demikian pula dari segi jurnalistik akibat gempuran media sosial (medsos) yang sangat agresif. Tapi yang perlu diingat bahwa ruh dari pers adalah kompetensi dan kode etik, sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan valid dan bisa dipertanggungjawabkan," pesannya.

Meskipun saat ini ada sedikit ketidakpercayaan publik kepada pers karena lebih memilih medsos, dia sangat yakin ke depan publik akan bosan dengan medsos yang isinya masih diperdebatkan dan perlu diuji.

"Berbeda dengan produk jurnalistik pers yang valid. Oleh karena itu, insan pers harus selalu menegakkan kode etik yang diimbangi kompetensi dan profesionalisme dalam setiap proses jurnalistik. Pers akan tetap hidup," katanya.

Sementara, Ketua PWI DIY periode 2015-2020, Drs Sihono HT MSi berharap pengurus yang baru akan semakin meneguhkan PWI sebagai organisasi profesional dan bermartabat. Pengurus PWI DIY periode 2020-2025 lanjutnya akan mengawal pembangunan Grha Pers Pancasila dan pendirian Pusat Pendidikan dan Pengembangan Pers Pancasila.

"Saya yakin kepengurusan ke depan akan terus meningkatkan profesionalitas insan pers di DIY. Termasuk ikut mengembangkan unit usaha dengan mendorongberkembangnya Koperasi Pena Kencana dengan unit-unit usahanya, antara lain Mina Warta dan Cafe 45," pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)