Makna Nomor Urut Bagi Para Pasangan Calon Pilkada Bulukumba 2020

Kamis, 24 September 2020 - 13:37 WIB
loading...
A A A
Sementara bagi Tomy Satria Yulianto nomor urut 3 merupakan angka ganjil yang diyakini memiliki nilai-nilai kebaikan menuju kemenangan.

"Doa-doa kita terijabah, langit menjawab atas semua doa-doa kita kala mengetuknya. Angka 3 adalah nomor ganjil, yang kita damba-dambakan. Saya banyak di-WhatsApp oleh sahabat saya, akan mendapatkan angka ganjil nomor urut 3. Dan hari ini berkat doa-doa kita semua, kita mendapatkannya. Selangkah lagi, sahabat," kata Tomy.
Makna Nomor Urut Bagi Para Pasangan Calon Pilkada Bulukumba 2020

Kata Tomy Satria, banyak pertanda dirinya dan Andi Makkasau akan mendapat nomor urut 3, salah satunya kanal Tomy Speaks yang pagi tadi pukul 07.00 Wita memiliki 333 subscribers.

Sementara Andi Muchtar Ali Yusuf menyebut nomor urut empat memiliki makna tersendiri. Andi Utta menilai angka 4 adalah angka yang menarik dengan berbagai alasan serta pengartian sendiri.



Menurut Andi Utta, bagi masyarakat Bulukumba, yang ada Bugis dan Konjo, angka 4 indentik dengan nilai-nilai kemanusiaan dan empat sisi kesempurnaan alam, biasa disebut 'Appa Sulapa' atau 'Sulapa Appa'. Melalui itu bersatu padu untuk kabaikan.

Menariknya lanjut dia, angka 4 seperti petunjuk kemenangan yang mengarah ke pihaknya. Jargon Dikerja Bukan Dicerita yang selama ini digaungkan masyarakat seperti tergambar dalam angka 4 itu.
Makna Nomor Urut Bagi Para Pasangan Calon Pilkada Bulukumba 2020

Angka empat umumnya disebut masyarakat Bugis dan Konjo Bulukumba Appa. Appakabaji atau Appakahaji berarti memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi kehidupan, serta Appakalebbi pada versi bugisnya, kata yang sama-sama mengandung makna kebaikan berbuat nyata untuk masyarakat.

"Nomor yang menarik, Appakahaji atau Appakalebbi seperti filosopi orang Bugis-Konjo Bulukumba," kata Andi Utta.



Dia menambahkan, dengan melekatnya nomor urut 4 pada Paslon Harapan Baru, menjadi pertanda bahwa mereka siap meraih kemenangan demi kesejahteraan masyarakat Bulukumba ke depannya.

"Kita ingin meraih kemenangan dengan hormat tanpa merusak nilai persaudaraan antara sesama warga Bulukumba," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)